0
131

Intip Detail Tribun MotoGP Mandalika untuk Umum dan Disabilitas

Gilamotor.com – MotoGP 2022 di Mandalika telah memasuki race day hari ini, Sabtu (20/3/22). Kesuksesan ini tidak lepas dari para penonton. Namun bagaimanakah tribun penonton yang di set oleh panitia MotoGP Mandalika ini? Dan adalah penonton untuk kaum difabel?  Yuk intip detailnya. 

Race day yang merupakan hari penentuan para pebalap MotoGP 2022 ini didukung oleh para suporter yang didominasi oleh penonton domestik. Hanya hitungan jari penonton yang datang dari luar negeri. Terlihat pengunjung yang menduduki semua zona di tribun Mandalika sangat responsif menyaksikan tontonan event balap dunia. Ribuan penonton secara tertib konsentrasi memperhatikan pebalapnya. 

Tribun penonton yang beraneka ragam disajikan oleh panitia Mandalika sesuai dengan tiket dan zonanya. Mulai kelas deluxe hingga kelas festival. Semua menikmati momen ini. Teriakan yel dari mereka pun beraneka ragam. Tetapi tahukah terbuat dari apakah sirkuit ini dipersembahkan?

Pantauan kami di lokasi bahwa sirkuit ini berdiri kokoh di antara tiang tiang baja yang mencengkeram ke aspal. Baja baja tersebut tersusun rapi dan disematkan dengan pijakan alas yang kuat. Jika dilihat secara sekilas, susunan tribun ini seakan tipis. Tetapi bila didekatkan susunan yang ditujukan untuk penonton ini sangat keker. 

Namun adanya perbedaan yang terlihat di sini. Untuk kelas festival di setiap zona tidak ditutupi atap. Langsung terpancar dengan langit. Tetapi di kategori kelas grand stand premium zona J dan K serta deluxe class tentunya dilindungi dengan atap terpal berwarna putih.

Walaupun demikian, penonton Mandalika tetap bersemangat untuk menyaksikan live dari pebalap pebalap MotoGP. 

“Ini kesempatan saya untuk menyaksikan live dari Mandalika. Selama ini saya hanya nonton di siaran televisi saja. Tetapi di sini saya sangat senang,”  kata Hilman seorang penonton yang juga merupakan Club motor yang sengaja riding dari wilayah Jakarta ke Mandalika. 

Ia berharap sebagai warga negara Indonesia agar sirkuit internasional ini dapat dijaga dengan sebaik baiknya dari semua pihak. 

Ternyata panitia tak hanya memikirkan untuk umum, tetapi panitia MGPA yang bekerjasama dengan pemerintah Lombok ini menyajikan spesial untuk penonton disabilitas. Para kaum difabel yang ingin langsung menyaksikan MotoGP bisa langsung masuk ke area Grandstand Difabel. Jalur ini dibuat untuk para pengunjung yang memakai kursi roda. Di sini juga sudah ada pemandunya yang siap mengarahkan.