Miguel Oliverira merayakan kemenangan di MotoGP Mandalika bersama team Red Bull KTM. Foto: Instagram.com/88migueloliveira
0
117

Miguel Oliveira Juara MotoGP 2022 Mandalika

Yang dinanti telah terjawab, juara MotoGP 2022 Mandalika adalah Miguel Oliveira.dari Red Bull KTM yang bernomor motor 88.

Miguel Oliveira adalah pebalap yang berasal dari pebalap Red Bull KTM. Dengan bangganya ia menguasai balapan di Indonesia Mandalika mengalahkan pebalap lainnya sore ini, Minggu (20/3/22). Ia berhasil menorehkan waktu terbaiknya  

Pria yang menunggangi motor KTM ini, menjadi yang tercepat usai mengalahkan pebalap lainnya, diantaranya Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha meski saat start hanya menempati posisi ketujuh.

Namun Quartararo yang  meraih pole position memimpin di tikungan pertama, dan ini menjadi awal yang buruk bagi kedua pebalap Pramac Racing. Martin turun ke urutan keempat dan Zarco di urutan kelima. 

Miguel Oliveira, Fabio Quartararo Johann Zarco merayakan kemenangan di podium. Foto: Internet

Sementara Miguel Oliveira kembali menguasai sirkuit balapan usai menyusul Miller. Hingga sembilan dari 20 lap berjalan, rider asal Portugal masih memimpin.

Sebelum finish tersebut penantian panjang race day MotoGP 2022 Mandalika akhirnya dimulai setelah gerimis dan dinyatakan aman oleh tim MGPA.

Race day yang diselenggarakan di hari Sabtu (20/3/22) ini sempat tertunda akibat hujan deras yang mengguyur sirkuit Mandalika Lombok. Tepat pukul 16.15 Wita usai seremonial yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan didampingi oleh Presiden MGPA, Dorna, aksi balapan pebalap dunia dimainkan. 

Para pebalap bersiap sesuai dengan nomor start kualifikasi. Namun Marc Marquez tidak bisa menunggangi motornya akibat cras beberapa kali di sirkuit Mandalika ini. Terlihat Fabio Quartararo yang menempati urutan 1 start ini sangat optimis memutar gas motornya. Begitujuga dengan pebalap lainnya di lap awal. 

Namun Quartararo disalip oleh rivalnya Miguel Oliveira yang terus bertahan hingga lap terakhir. Terlihat Jorge Martin sempat mengalami crash di tikungan pertama.

Hasil race MotoGP Mandalika pada hari Minggu (20/03/2022). Source: Google