Miguel Oliveira saat merayakan kemenangan di gelaran MotoGP Mandalika. Foto: Instagram.com/migueloilveira88
0
62

Profil Miguel Oliveira Juara MotoGP Mandalika yang Pernah Meraih BMW

Gilamotor.com – Nama Miguel Oliveira melambung tinggi saat ia memenangkan pertandingan balapan MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok. Ini kisahnya.

Miguel Oliveira berhasil mengalahkan rivalnya, Fabio Quartararo, sore Sabtu (20/3/22). Ia senang dengan bangganya ia meraih posisi nomor 1 di titik finish MotoGP Mandalika. Tak hanya namanya yang harum tim racing Red Bull KTM pun makin terkenal dengan kemenangannya ini. 

Miguel Oliveira adalah pria yang berbintang Capricorn berhasil memacu sepeda motor yang bernomor 88 menjadi yang tercepat di Mandalika. Konsistensi ditunjukkannya hingga akhir balapan guna merebut posisi tercepat dengan waktu 33 menit 27.2230 detik. Ia finish di depan Fabio Quartararo yang menempati posisi kedua. Kabarnya ini adalah podium pertama yang diraihnya. 

Miguel Oliveira mengangkat piala di podium MotoGP Mandalika. Foto: Instagram.com/migueloliveira88

Bagi Miguel Oliveira yang pernah dihadiahi mobil BMW M4 berkat menjadi pemenang MotoGP Styria 2020. Pria kelahiran Almada, Portugal 4 Januari 1995 adalah seorang pebalap profesional Portugis. Di Grand Prix Italia 2015, ia meraih kemenangan kejuaraan dunia pertama untuk pembalap Portugal. Ia pun menyelesaikan balapnya itu sebagai runner-up di Moto2 2018.

Dia mendapatkan pengalaman yang luas di Moto3, telah berkompetisi untuk tim Estrella Galicia 0,0 pada tahun 2012, tim Mahindra Racing pada tahun 2013 dan 2014 dan menjadi runner-up bersama tim Red Bull KTM Ajo pada 2015.

Ayahnya Pebalap Motor

Foto Miguel Oliveira bersama ayahnya. Foto: celebs.infoseemedia.com

Ternyata ayahnya adalah sebagai pebalap motor. Sebagai orangtua, ia selalu mendukung putranya ini untuk balap. Sampai sampai ayahnya membelikan sepeda quad pertamanya saat ia berusia empat tahun. Dia mulai balapan di kejuaraan nasional pada usia sembilan tahun, di event MiniGP Portugal pada tahun 2004, memenangkan penghargaan Young Promise of the Year di Portugal. Keberhasilan pertamanya datang pada tahun 2005 ketika ia memenangkan kejuaraan MiniGP Portugis dan Festival Dunia Metrakit di Spanyol. Pada tahun 2006 ia mengulangi kesuksesan sebelumnya dan pada tahun 2007 ia memenangkan Trophy PreGP 125 Mediterania. Yang uniknya, Miguel Oliveira adalah menikah dengan adik tirinya  Kini namanya mengudara di dunia balap MotoGP.