Marc Marquez menunggangi motor RC213V-S di Mandalika.
0
154

Tengok Spesifikasi Motor Marc Marquez di Mandalika

Gilamotor.com – Dengan motornya ini Marc Marquez yakin dan percaya diri untuk bertarung di sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia. Pebalap asal Honda ini dan timnya sudah mempersiapkan secara matang menjelang Mandalika. Kabarnya motor ini adalah motor yang berharga miliaran rupiah. Tetapi bagaimanakah spesifikasi RC213V-S yang dipergunakan Marquez tersebut? Yuk intip detail mesin, rangka dan lain sebagainya yang disematkan di sepeda motor itu yang siap mengalahkan kompetitor pebalap lain.

Pertama, melihat dari sisi sasis. Digelaran MotoGP Mandalika 2022 ini sasis motor ini dimodifikasi dalam berbagai cara untuk meningkatkan keseimbangan antara putaran dan stabilitas. Tujuannya yang tak lain untuk memanfaatkan mesin dan ban yang dipergunakannya  semaksimal mungkin. Sasis aluminium twin-spar ringan namun memberikan karakteristik kekakuan dan kekuatan yang dibutuhkan untuk memberikan tenaga yang mengesankan dari mesin RC213V-S yang dipantulkan melalui roda belakang. Sasis ini juga memiliki fleksibilitas yang dikalibrasi dengan hati-hati untuk memaksimalkan cengkeraman ban.

Kedua intip mesinnya. Motor ini memiliki konfigurasi mesin yang sama dengan mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc. Motor ini akan menyemburkan tenaga maksimal 156,9 dk /11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. RC213V-S ini dapat didongkrak hingga 215 dk dengan sport kit tambahan. Sedangkan Motor Marc Marquez di MotoGP mampu menyemburkan 300 daya kuda. Wow.

Engine ini menerapkan sistem bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan kapasitas bahan bakar 16,3 liter. Saat di Sentul, RC213V-S terpantau menggunakan bensin memiliki kadar nilai oktan atau Research Octane Number (RON) 98 atau Pertamax Turbo.

Tentunya yang tak kalah penting adalah bodyworknya. Bodywork mesin MotoGP memainkan peran penting dalam kinerja mereka, terutama dalam beberapa tahun terakhir dengan meningkatnya penggunaan ‘winglet’. Pelengkap aerodinamis ini membantu di beberapa bidang karena para insinyur HRC berusaha untuk mengekstrak kinerja maksimum dari RC213V. Setiap tahun bodywork dan perubahan aerodinamis adalah beberapa yang paling langsung dikenali di motor.

Selain bodywork adalah ban. Pasalnya, produk tire MotoGP dikirim secara eksklusif oleh Michelin. Setiap putaran menghadirkan tantangan baru bagi pemasok ban karena tata letak lintasan dan permukaan sirkuit.

Kemudian berikutnya adalah bagian rem. Rem depan motor ini adalah serat karbon yang disediakan Brembo. Rem ini menghasilkan daya henti dan cengkeraman yang luar biasa. Begitu juga pada kondisi basah. Rem ini dapat diunggulkan. 

Marquez yakin dirinya akan memahami karakteristik motor tersebut yang ditungganginya di MotoGP Mandalika.