Pesona pantai Mandalika yang berdekatan dengan Mandalika International Street Circuit. Foto: indonesia.travel.com
0
113

Wujud Wonderful Indonesia yang Indah di Mandalika Datangkan Pebalap Dunia

Gilamotor.com – Kini siapa yang tidak mengenal wilayah Lombok Mataram, Mandalika. Dunia fokus dan menyorotnya dengan event MotoGP 2022. Dibalik raungan gas pebalap itu, panorama Lombok yang sungguh takjub.

Sirkuit Mandalika, Lombok ada di kawasan wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit nan megah dan membuat penasaran dunia ini menjadi tuan rumah momen MotoGP 2022 sebagai event kedua setelah Losail Qatar.

Dibalik penasarannya para pebalap, ternyata ada yang membuat tertariknya para pebalap tersebut dengan panorama Lombok yang anggun. Nusantara di Lintasan. 

Sirkuit Mandalika ini berstandar internasional, MGPA menyematkan aksen lokal di permukaan jalur Sirkuit, yaitu corak Subahnale yang merupakan corak tenun yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok. Pola ini dapat ditemukan di area run-off atau aspal luar dari pojok ke-15 dan 16 dari Sirkuit tersebut. Subahnale dalam bahasa Suku Sasak artinya tasbih atau penyucian. Suku Sasak percaya bahwa nama ini datang dari kebiasaan perempuan lokal Sasak yang selalu mengucap kalimat tasbih saat menenun dengan pola tersebut.

Kain tenun Subahnale memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dan dibuat secara manual menggunakan alat tenun tradisional. Bahannya berasal dari tumbuhan seperti limau betel, daun indigo, daun taum, akar pohon, ranting, serat kelapa, dan banyak lainnya. Proses pembuatan dapat memakan waktu yang relatif lama, tetapi hasilnya dijamin bisa memberikan karya seni yang luar biasa. Dan terdapatnya lima wisata Lombok sekitar Mandalika

Pantai Tanjung Aan

Foto: indonesia.travel.com

Tidak jauh dari Sirkuit Mandalika, wisatawan dapat mengunjungi Pantai Tanjung Aan. Pantai ini terletak di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombok Tengah, atau sekitar tujuh menit perjalanan menggunakan mobil dari Sirkuit Mandalika. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih. Selain itu, wisatawan juga bisa berburu kuliner, berenang, dan snorkeling di kawasan pantai tersebut.

Bukit Merese

Foto: pegipegi.com

Bukit Merese berada di jalan Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Bukit Merese merupakan lokasi yang strategis untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Bukit ini mengelilingi Pantai Tanjung Aan yang berpasir putih. Panorama alam di Bukit Merese ini dapat dinikmati tanpa perlu membayar tiket masuk, atau gratis. Wisatawan hanya perlu jalan kaki dari Pantai Tanjung Aan. Dari Sirkuit Mandalika, wisatawan bisa berkendara selama kurang lebih sembilan menit untuk mencapai Bukit Merese. 

Pantai Kuta Mandalika

Foto: indonesia.travel.com

Pantai ini bisa dicapai menggunakan mobil atau motor dengan waktu tempuh kurang lebih 16 menit dari Sirkuit Mandalika. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa menikmati pemandangan hamparan pasir putih. Untuk menikmati pemandangan di kawasan tersebut, mereka perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp 10.000 untuk mobil, dan mulai dari Rp 5.000 untuk motor. Letak pantai ini di desa Kuta Pujur Lombok Tengah.

Pantai Batu Berang

Foto: today.line.me

Pantai ini bisa dicapai menggunakan mobil atau motor dengan waktu tempuh kurang lebih 16 menit dari Sirkuit Mandalika. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa menikmati pemandangan hamparan pasir putih. Untuk menikmati pemandangan di kawasan tersebut, mereka perlu hanya membayar biaya parkir saja. 

Desa Mertak

Foto: olx.co.id

Desa Mertak merupakan desa wisata yang terletak di Mandalika, NTB. Kabarnya, Desa Mertak merupakan salah satu desa wisata yang tercantum dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. Desa wisata ini masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan atraksi berupa wisata bahari dan ekowisata lainnya. Wisatawan bisa menemukan pantai, pegunungan, dan hutan bakau di kawasan ini.