Puluhan bikers membesut Aerox 155 di Sirkuit Sentul pada ajang Track Day. Foto: ARCI
0
173

Sirkuit Sentul Saksi Puluhan Bikers Uji Performa Aerox 155

GilaMotor.com – Puluhan pengguna Aerox 155 series, yang tergabung dalam Aerox 155 Rider Community Indonesia (ARCI), berkesempatan melakukan pembuktian performa mesin tunggangan mereka di dalam sirkuit. 

Sejumlah bikers ARCI tersebut menggelar kegiatan Track Day di Mini Sirkuit, Sentul, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan, peserta track day ditantang unjuk kemampuan berkendara skutik Maxi Yamaha penyandang gelar sport scooter ini. 

Dalam kesempatan track day tadi, semua peserta ditantang untuk mencetak waktu terbaik pada setiap lapnya. Atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘Time Trial Challenge’.

Pemerakarsa kegiatan, Eko Priyatno dari komunitas ARCI mengatakan, banyak pemilik dan pengguna Aerox 155 merupakan racing enthusiast. “Karenanya ARCI rutin melakukan kegiatan track day, untuk melampiaskan kegemaran balapan, sambil menggali lebih dalam potensi mesin Aerox 155,” ucap Eko. 

Foto: ARCI

Tetapi sebenanrnya bukan sekadar menjajal performa mesin. Karakter mini sirkuit yang banyak menyajikan tikungan sempit berbentuk ‘S’ dan ‘U’, dinilai Eko juga ikut andil dalam menguji kelincahan serta handling dari motor yang juga menjadi salah satu tunggangan harian Galang Hendra Pratama, pebalap muda asal tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Baik Eko maupun peserta trcak day lainnya menilai, perpaduan setelan suspensi depan dan belakang yang dilengkapi tabung peredam, sukses menyajikan handling yang baik pada generasi terbaru Aerox ini. “Apalagi ditambah topangan tapak lebar di kedua roda, dan desain rangka yang memang sengaja menciptakan posisi berkendara motor menjadi lebih tegap,” ujarnya. 

Selain sarana pelampiasan hobi, aktivitas track day juga dimanfaatkan para pengguna Aerox 155 untuk berbagi pengetahuan kisaran aktivitas motoran dan kendaraan mereka. Seperti informasi seputar teknis setingan mesin untuk balapan, yang diperoleh dari mentor mekanik berpengalaman. Bahkan salah satu mekanik alumni Aerox Fun Race pada Yamaha Cup Race 2019-2020. 

Tidak cuma bertukar informasi tentang setingan balap, bahasan aneka tips seputar gaya modifikasi yang lagi tren, serta rekomendasi produk aftermarket yang bisa bikin Aerox 155 series tampil kian sporty, juga ikut berseliweran di dalam diskusi yang terjadi.

“Memang selama kegiatan di Sentul, hadir juga mekanik balap berpengalaman dan teman-teman pegiat modifikasi motor, yang berkenan membagikan ilmunya kepada peserta. Acara ini di samping menambah wawasan kita, sekaligus jadi momen silaturahmi, berkumpul sesama bikers pengguna Maxi Yamaha, khususnya Aerox 155,” tutup Eko.