Foto: Suzuki.co.id
0
47

5 Bagian yang Wajib Dilumasi pada Motor

Perawatan berkala atau servis berkala adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh pemilik kendaraan bermotor termasuk sepeda motor. Dam melakukan perawatan berkala, item yang harus dilakukan adalah penggantian pelumas atau oli hingga membersihkan sistem pengkabutan hingga ruang bakar.

Salah satu tujuan dilakukannya perawatan berkala adalah untuk menjaga kondisi motor tetap prima. Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu juga dilakukan selain mengganti oli saat perawatan berkala. Hal yang harus dilakukan tersebut adalah melumasi beberapa bagian yang ada di motor.

 

Lubang Kunci Kontak

Bagian pertama yang harus juga mendapatkan pelumasan adalah lubang kunci kontak dan tutup tangki. Lubang kunci kontak dan juga tutup tangki khususnya untuk motor sport atau motor adventure berada diposisi yang memang mudah untuk kemasukan air baik saat hujan atau bahkan saat mencuci motor. Untuk mengurangi karat di bagian dalam perlu mendapatkan pelumasan.

Dalam melumasi lubang kunci kontak, kita bisa menggunakan cairan pelumas. Namun perlu diingat, ketika melumasi bagian bagian pada motor jangan sekali kali menggunakan oli bekas. Pasalnya, partikel partikel yang ada di dalam oli bekas bisa merusak bagian dalam kunci. 

 

Standar Tengah dan Samping

Bagian berikutnya yang perlu mendapatkan pelumas adalah bagian standar tengah dan standar samping. Kedua bagian ini kerap terasa keras saat akan digunakan. Keras atau macetnya bagian ini bukan karena usia pakai, tapi karena kena hujan dan juga debu sehingga menyebabkan karat.

 

Rantai Motor

Bagian berikutnya yang wajib untuk mendapatkan pelumasan adalah bagian rantai untuk motor yang menggunakan rantai sebagai penggeraknya. Bagian ini selain sangat berperan penting dalam hal membuat motor bergerak, juga sebenarnya rawan mengalami kerusakan. Ketika melewati kondisi hujan, umumnya air genangan yang mengandung pasir bisa menyiram rantai. ketika itu, bagian tersebut akan rawan terkena karat. 

nah pelumasan tersebut selain bisa membersihkan rantai, juga bisa membuat kerja rantai tetap lancar. Untuk membersihkan rantai bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan rantai. Cairan tersebut selain bisa membersihkan, bisa juga sekaligus melumasi rantai agar tidak kering.

 

Tombol Saklar

Bagian berikutnya adalah bagian tombol saklar yang juga harus mendapatkan pelumasan. Bagian ini juga rentan terserang karat dan berkumpulnya debu. Saat melakukan pelumasan, sebaiknya usai memberi pelumas, kita harus menekan tombol pada saklar agar pelumasan bisa maksimal.

 

Pedal Rem, Pijakan Kaki dan Kick Starter

Bagian terakhir yang harus mendapatkan pelumasan adalah pedal rem, pijakan kaki, dan kick starter. Agar kondisi pijakan kaki atau footstep motor awet dan nyaman saat digunakan, perlu secara rutin menyemprotkan cairan pelumas di bagian yang sering bergesekan. 

Kemudian pada kick starter yang biasanya tuas engsel akan mudah seret. Cara merawatnya dengan melakukan penyemprotan ke sendi kick starter, maka kejadian macet diklaim tidak akan terjadi.