Source: id.motor1.com
0
179

Suzuki Luncurkan Motor Adventure V-Strom 250

Suzuki India baru saja meluncurkan motor adventure terbaru mereka yaitu Suzuki V-Strom SX 250. Suzuki menggunakan basis yang sama dengan Suzuki Gixxer 250 SF yang saat ini sudah dijual resmi di Indonesia.

Namun yang membedakan antara V-Strom 250 dengan Gixxer 250 adalah pada bagian tampilannya. V-Strom 250 mengambil inspirasi dari Suzuki V-Strom 650 pada bagian body, lampu hingga ergonominya. 

Sesuai dengan karakternya, Suzuki V-Strom ini memenuhi kebutuhan dari sang pengendara baik yang ingin berkendara didalam kota maupun jarak jauh. Dengan model adventure tersebut, Suzuki V-Strom 250 mampu melibas berbagai medan jalan yang ada. 

Source: id.motor1.com

“Kami merasa senang mengumumkan masuknya kami di segmen sport petualangan 250cc dengan peluncuran V-Strom SX,” ujar Satoshi Uchida, Managing Director Suzuki Motorcycle India.

Uchida juga mengatakan, saat ini All-New V-Strom SX telah diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pengendara yang menyukai sport adventure tourer yang serba bisa.

Suzuki menyematkan mesin 1 silinder SOHC 4-klep yang telah dilengkapi dengan pendingin SOCS (Suzuki Oil Cooling System) pada V-Strom SX. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 6-kecepatan. 

Mesin tersebut memiliki kompresi yang cukup besar yaitu 10,7:1. Dengan perpaduan tersebut, mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 26,5 hp pada 9.300 rpm dan torsi maksimal 22,2 Nm pada 7.300 rpm.

Source: id.motor1.com

Kesan motor adventure begitu melekat di motor ini dengan penggunaan velg ukuran berbeda di bagian depan dan belakang. Di bagian depan, motor ini menggunakan velg berukuran 19 inci sedangkan bagian belakang menggunakan ukuran 17 inci.

Namun dari segi fitur, motor ini dibekali dengan fitur yang sama seperti di Gixxer 250 SF, fitur tersebut meliputi rem ABS dual-channel, knalpot dual exit muffler dan Suzuki Easy Start System.

Pada V-Strom SX terdapat fitur yang lebih tinggi lagi yaitu terdapat fitur konektivitas bernama Suzuki Ride Connect. Fitur ini dapat menghubungkan smartphone dengan motor melalui koneksi bluetooth.

Pada Suzuki Ride Connect tersebut terdapat fitur yang bisa dibilang lengkap. Fitur tersebut meliputi mulai dari navigasi dan estimasi jarak ke tempat tujuan, peringatan telepon, pesan dan WhatsApp, indikator baterai smartphone, hingga info speed limit.

Seluruh fitur tersebut ditampilkan melalui panel instrumen full digital yang berukuran cukup besar sehingga bikin informasinya lebih mudah dipantau. Untuk menambah kemudahan ketika berkendara ada tambahan fitur USB charger dengan cover dan lampu, terletak di sebelah kiri panel instrumen.

Suzuki V-Strom SX 250 tersedia dengan tiga pilihan warna, yaitu Glass Sparkle Black, Pearl Blaze Orange, dan Champion Yellow. Sedangkan harganya, motor adventure ini dijual mulai 2,11 lakh atau setara Rp 40 jutaan.