0
28

Tidak Hanya Mobil, Motor Juga Perlu Ganti Filter Oli

Part pada mesin yang bernama filter oli memang begitu familiar pada sebuah mobil. Tapi sebenarnya filter oli juga terdapat pada sebuah motor.

Fungsi dari filter oli pada motor pun sama seperti yang ada di mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran kotoran yang tertinggal di mesin walau sudah dilakukan penggantian oli mesin secara rutin. Sebelum oli disalurkan ke bagian yang membutuhkan pelumasan, oli akan disaring terlebih dahulu agar kotoran tidak ikut.

Pada dasarnya, sebuah filter oli memiliki masa pakai. Masa pakai dari filter oli motor sama seperti oli mobil yaitu 10.000 kilometer jarak tempuh. Namun ada baiknya pada filter oli motor sebaiknya ikut dilakukan penggantian setiap kita melakukan ganti oli. 

Karena memang memiliki masa pakai dan memiliki tugas yang cukup berat, tentunya ketika kita tidak mengganti filter oli akan ada dampak yang timbul. Pertama-tama ketika kita tidak mengganti filter oli, hal yang akan timbul adalah tarikan motor akan jadi berat. Hal tersebut disebabkan karena kotoran ikut naik ke bagian mesin yang seharusnya mendapatkan pelumasan. 

Kemudian, dampak yang lebih lanjut ketika kita tidak mengganti filter oli adalah akan muncul suara mesin yang kasar. Setelah itu, tidak menutup kemungkinan dinding piston akan menjadi baret dan menyebabkan keluarnya asap putih. Setelah itu, kompresi akan jadi turun dan performa akan jadi tidak bagus.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka langkah yang harus ditempuh adalah turun mesin dan melakukan korter blok mesin.  Tentu cost yang harus dikeluarkan akan jauh lebih besar dibandingkan kita mengganti oli dan filter oli secara rutin. 

Nah penggantian filter oli motor untuk yang memiliki kapasitas mesin dibawah 150 cc adalah setiap 1000 sampai 1500 kilometer. Nah untuk filter olinya bisa kita lakukan selang seling. 

Sebagai contoh, kita mengganti oli mesin di kilometer 1000 kilometer. Untuk filternya bisa kita ganti di penggantian oli kilometer berikutnya bisa dilakukan pada kilometer 2000 kilo. Tapi jika kita mau mengganti filter oli setiap kita melakukan ganti oli, hal tersebut sangat bagus. Kotoran akan jauh lebih tersaring dan mesin akan jadi lebih awet.