0
172

TVS Luncurkan Motor Heavy Duty Bergaya Classic

Motor yang beredar di pasar Indonesia memang ada beragam segmennya. Tapi ada sebuah segmen yang masih belum tersentuh hingga PT TVS Motor Company Indonesia melihat peluang di segmen tersebut dan masuk dengan meluncurkan produk baru yang bermain di segmen motor roda dua niaga.

Ya, pabrikan asal India tersebut baru saja meluncurkan TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart. Motor dengan jenis bebek tersebut masuk di pasar roda dua Indonesia dengan segmen motor roda dua niaga. 

TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart tersebut menggunakan chasis huruf U yang dibagian tengahnya untuk membawa barang. Pada bagian depan, TVS menyematkan suspensi teleskopik namun belum melengkapi rem cakram di bagian depannya. 

Di Bagian belakang, TVS menyematkan dua suspensi agar bisa mengakomodir membawa barang yang memiliki bobot berat. Dengan menggunakan suspensi ganda di bagian belakang, juga untuk mengutamakan durability dari motor tersebut. 

Selain dek tengah yang luas, fitur andalan lainnya ada sistem jok belakang yang dapat dilepas. Ketika jok belakang sudah dilepas, maka akan menyisakan rak yang bisa membuat untuk mengangkut barang di rak tersebut.

Mr. J Thangarajan, Presiden Direktur, PT TVS Motor Company, Indonesia mengatakan, “PT TVS Motor Company sangat antusias untuk meluncurkan TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart di Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas para pecinta sepeda motor.”

“Tentunya, TVS XL 100 Heavy Duty akan sangat cocok bagi pengendara yang menginginkan kendaraan roda dua yang berkualitas, tahan lama, dan lebih hemat bahan bakar. Kendaraan roda dua multifungsi ini nyaman untuk menunjang keperluan bisnis dan perjalanan sehari-hari. Kami akan terus menyelaraskan produk kami dengan kebutuhan pelanggan Indonesia yang terus meningkat.”

Selain memiliki desain dan fungsi yang sangat berbeda dengan motor kebanyakan, TVS juga menyematkan mesin yang bisa dibilang unik. 

Ya mesin yang digunakan oleh TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart adalah mesin 1 silinder 4-tak berkapasitas 99,7 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 4,3 bhp di 6000 rpm. Yang membuat mesin tersebut unik adalah transmisi yang digunakan adalah 1-kecepatan atau single speed.

Selain mesin 100cc 1-kecepatan, TVS juga menyematkan fitur lain yaitu teknologi starter generator yang terintegrasi atau ISG. Hal tersebut dilakukan oleh TVS untuk mendapatkan proses starter yang halus. Teknologi tersebut mirip dengan sistem ACG di Honda atau SMG di Yamaha.

Kemudian untuk sistem suplai bahan bakar TVS XL 100 Heavy Duty pakai teknologi injeksi. Teknologi injeksi tersebut diberi nama Ecothrust Fuel injection (ET-Fi) generasi terbaru, yang menawarkan efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih baik.

TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart hadir dengan pilihan warna Hitam dan Coklat.