Foto: Dok. BMW Motorrad
0
106

Bocoran BMW G 310 RR Full Fairing

Motor sport full fairing mungkin pamornya turun di Indonesia. Tapi, di negara lain, motor sport full fairing masih cukup diminati. Buktinya, BMW Motorrad belum lama ini mengabarkan akan segera meluncurkan produk terbarunya di segmen tersebut, yakni G 310 RR.

Pada tahun 2017, BMW Motorrad bekerja sama dengan pabrikan asal India, yakni TVS. Keduanya berkolaborasi untuk membuat satu mesin untuk motor di segmen 300 cc. Akhirnya, lima tahun lalu lahirlah dua motor dengan dua model berbeda yang menggunakan satu mesin yang sama, yakni G 310 R dan Apache RR 310.

Foto: Dok. Greatbiker.com

BMW Motorrad memasarkan G 310 R dengan model naked bike. Sementara TVS, melahirkan Apache RR 310. Beberapa tahun kemudian, lahir lagi G 310 GS dari BMW, yang menyasar segmen motor petualang alias adventure.

Sayangnya, Apache RR 310 kurang terdengar namanya. Bisa jadi karena dipasarkan oleh TVS, pabrikan asal India, sehingga kurang familiar di telinga para konsumen. Mungkin atas dasar tersebut, akhirnya BMW Motorrad pun memutuskan untuk menjual juga versi full fairing dari G 310 R, sehingga lahirlah G 310 RR.

Foto: Dok. Greatbiker.com

Di Indonesia sendiri, penjualan motor TVS juga bisa dibilang tidak sebaik BMW. Walaupun TVS cukup rajin meramaikan pameran otomotif, tapi pamor BMW dari dulu sudah terdengar. Dikutip dari berbagai sumber, BMW Motorrad rencananya akan meluncurkan G 310 RR pada akhir tahun 2022.

Dari desain yang beredar hingga teaser yang diunggah oleh BMW Motorrad sendiri, G 310 RR tampaknya akan mirip dengan sang kakak, yakni S 1000 RR. Desainnya diyakini akan sangat mirip, baik mulai bentuk fairing hingga model lampu depannya.

Foto: Dok. Motosaigon.vn

Dari teaser yang beredar, desain bodinya juga terlihat banyak garis-garis atau lekuk bodi yang tegas. Sehingga, memperkuat kesan sporty dan agresif. Terlihat lampu belakangnya juga tak jauh berbeda dengan Apache RR 310. Sedangkan pada bagian depan, pelek yang digunakan juga modelnya sama dengan G 310 R. Begitu pula dengan suspensi depan yang sudah mengandalkan model upside down.

Sedangkan untuk dapur pacunya, G 310 RR diyakini masih menggunakan mesin yang sama, yakni mesin satu silinder dengan kapasitas 312,2 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 34 PS pada putaran mesin 9.700 rpm dan torsi maksimum yang mencapai 27,3 Nm pada putaran mesin 7.700 rpm. Tapi, besaran tenaga dan torsi tersebut untuk mode berkendara Sport dan Track.

Foto: Dok. Motosaigon.vn

Sedangkan untuk mode berkendara Urban dan Rain, tenaga maksimumnya dipangkas menjadi 25,8 PS pada putaran mesin 7.600 rpm dan torsi maksimumnya juga dikurangi menjadi 25 Nm pada putaran mesin 6.700 rpm. Mesinnya dipadukan dengan transmisi 6 percepatan.

Namun, bisa saja BMW Motorrad melakukan penyempurnaan pada mesin tersebut untuk meningkatkan performa atau menambah fitur-fitur lain, seperti traction control, quick shifter, dan lainnya.

Hingga kini, BMW Motorrad belum memberikan lagi teaser dari produk barunya tersebut yang akan segera meluncur. Jika sudah meluncur, tak menutup kemungkinan BMW Motorrad Indonesia juga akan membawanya ke Tanah Air, seperti G 310 R dan G 310 GS yang sudah dipasarkan sebelumnya.

Untuk harganya, saat ini BMW Motorrad membanderol G 310 R dengan harga Rp 116 juta (off the road). Sedangkan untuk G 310 GS, harganya Rp 133 juta (off the road) untuk tipe standar dan Rp 142 juta (off the road) untuk tipe Adventure. G 310 RR diyakini harganya akan ada di kisaran Rp 160 jutaan hingga Rp 170 jutaan (off the road).