Sejumlah motor terendam banjir rob. Foto: Aji Styawan/ANTARA FOTO
0
84

Motor Kalian Terendam Banjir Rob, Perhatikan Bagian Berikut

Beberapa wilayah di Indonesia memang terletak di pesisir pantai dimana terkadang memiliki ketinggian permukaan tanah yang hampir sama dengan permukaan air laut. Maka dari itu banjir rob atau banjir yang diakibatkan oleh pasangnya air laut kerap terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Masyarakat Indonesia yang memiliki motor dan tinggal di daerah yang kerap terjadi banjir rob pun tidak menutup kemungkinan motornya terendam banjir. Tentunya, motor yang terendam banjir rob dimana airnya mengandung air asin bisa menyebabkan dampak negatif pada motor 

Ketika motor kita terendam banjir rob, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar motor kita tidak rusak lebih parah. Berikut langkahnya

Jika kita memiliki motor yang sudah menggunakan injeksi, sebaiknya kita jangan langsung menyalakan motor tersebut. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bisa terjadinya korsleting dan dapat merusak ECU motor kita. 

Langkah pertamanya adalah kita harus memastikan motor kita benar-benar kering dari air terutama air banjir rob yang mengandung garam. Kita pun harus membersihkan terlebih dahulu bagian-bagian dimana terdapat material yang mengandung besi. Salah satu contohnya adalah bagian soket kelistrikan. 

Bagian tersebut harus kita pastikan sudah bersih dan tidak ada bekas air yang tertinggal. Ketika memang seluruh bagian soket kelistrikan sudah dirasa bersih dan kering, kita bisa berlanjut memeriksa bagian lain.

Kita pun harus segera menguras oli mesin yang mungkin sudah bercampur dengan air. Jika memang memiliki waktu dan dana yang cukup, ada baiknya kita juga membersihkan bagian ruang bakar. Termasuk juga lubang intake dan exhaust. Pastikan sudah bersih dan sudah kering.

Jika motor yang kalian miliki adalah skuter matic, kita pun harus membongkar bagian CVT-nya. Lagi-lagi, kita harus memastikan bagian tersebut sudah bersih dan sudah kering.