Foto: Wikipedia.org
0
66

Masih Gunakan Rem Tromol Pada Motor, Berikut Hal Yang Harus Dibersihkan

Sebuah sepeda motor tentu dilengkapi sistem keamanan seperti perangkat pengereman. Tapi sistem pengereman yang ada di motor masih terbagi menjadi dua yaitu rem cakram dan juga rem tromol. Umumnya rem depan sudah menggunakan rem cakram dan bagian belakang menggunakan rem tromol.

Tentunya sistem pengereman ini baik cakram atau tromol harus mendapatkan perawatan terutama kebersihan sistem rem tersebut. Jika sistem pengereman dibiarkan kotor, maka akan menghambat sistem kerja rem yang akan berakibat fatal.

Bagi kalian yang masih menggunakan rem dengan jenis tromol atau drum brake pada motor kalian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk tetap menjaga kebersihannya. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kemampuan sistem rem mekanis tersebut dalam meredam laju dari sepeda motor.

Salah satu hal yang cukup merugikan ketika kondisi sistem rem tromol kotor adalah dapat membuat kanvas rem cepat habis. Bahkan hal terburuknya adalah rumah tromol yang ada didalam velg pun bisa terkikis hingga membuat rem jadi tidak pakem.

Ketika kita ingin membersihkan rem tromol, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka terlebih dahulu velg pada motor kita. Setelah velg terbuka, barulah kita bisa melihat kondisi kanvas rem beserta tuas yang menggerakkan kanvas rem tersebut.

Ketika sudah terbuka, kita bisa melihat kotoran dan langsung membersihkan rem tromol tersebut. Untuk membersihkannya pertama kali, kita bisa memanfaatkan angin kompresor atau menyikat menggunakan kuas atau sikat. 

Foto Kanvas Rem: Louis.eu

Setelah dirasa cukup bersih, ada baiknya kita membuka kanvas rem dan kembali memeriksa bagian yang masih terlihat kotor. Pada bagian kanvas rem jika dilihat masih tebal, kita bisa hanya membersihkannya saja. Jangan lupa pada bagian kanvas remnya kita sikat juga agar masih bisa memberikan daya cengkram yang baik saat melakukan pengereman. Jika kanvas rem sudah tipis, sebaiknya kalian mengganti kanvas rem tersebut dengan yang baru.

Setelah bagian kanvas rem bersih, ada bagian lain pada sistem pengereman yang harus kita bersihkan juga. Bagian tersebut adalah bagian tuas kanvas rem. Ada baiknya ketika membersihkan tuas rem tersebut kita lakukan dengan kondisi sudah terlepas. Selain lebih mudah membersihkannya, kita juga bisa mengetahui as tuas rem tersebut masih dalam kondisi yang prima atau tidak.

Ketika as tuas rem sudah bersih, kita tinggal melumasi as tersebut dengan grease atau gemuk sebelum memasangnya ke posisi semula. Ada bagian lain yang harus kita lumasi juga dengan gemuk yaitu bagian per kanvas rem dan juga dudukan kanvas rem baik pada bagian poros atau dudukan yang bersentuhan dengan as tuas rem. Hal tersebut perlu dilakukan untuk membuat kerja rem lebih maksimal. 

Setelah semuanya sudah bersih dan sudah terpasang lagi, kita pun harus mengecek kondisi dari tromol yang ada di Velg motor sebelum kembali memasangnya. Kita harus juga melakukan pembersihan pada bagian tersebut agar bisa memberikan kinerja rem yang maksimal. Setelah dirasa bersih, kita bisa langsung kembali memasang Velg.

Ketika Velg sudah terpasang kembali, jangan lupa untuk mengencangkan baut roda dan menyetel rem tromolnya. Kita harus menyetel dengan pas, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.