Foto: Dok. Naikmotor.com
0
70

Husqvarna Luncurkan Norden 901, Siap Tantang Africa Twin

Perusahaan motor asal Austria yaitu Husqvarna baru saja meluncurkan motor terbaru mereka yaitu Husqvarna Norden 901. Motor ini menjadi pesaing dari motor adventure milik Honda yaitu Honda CRF Africa Twin.

Versi konsep dari motor ini pertama kali diperkenalkan di ajang EICMA, Milan tahun 2019 silam. Sedangkan versi produksi massalnya mulai diproduksi untuk dipasarkan ke seluruh dunia pada tahun ini. Indonesia kebetulan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pasar penjualan sepeda motor ini.

Foto: Dok. Naikmotor.com

Norden 901 dibekali mesin berkapasitas 899 cc twin parallel yang memiliki tenaga puncak sebesar 105 hp dengan torsi 100 Nm. Mesin berkapasitas yang cukup besar tersebut disematkan di tengah rangka yang menggunakan material baja ringan kromium-molibdenum.

Karena motor ini didesain untuk bisa menjelajah segala medan mulai dari aspal hingga gravel, Husqvarna mempercayakan suspensi dari WP APEX dengan travel yang panjang. Selain itu, motor ini juga dibekali denganĀ  velg berukuran berbeda antara bagian depan dan belakangnya. Dibagian depan menggunakan velg berukuran 21 inci sedangkan di belakang menggunakan ukuran 18 inci.

Bicara soal fitur, motor ini dibekali dengan berbagai fitur mulai dari keamanan seperti Bosch Cornering ABS yang bisa dialihkan saat menggunakan mode Street dan Off Road. Motor ini dibekali dengan beberapa mode pengendara mulai dari Street, Rain, Offroad dan juga Explorer.

Selain itu motor ini juga dibekali dengan fitur Cornering Motorcycle Traction Control (CMTC). Selain itu ada juga fitur Easy Shift yang memungkinkan pengendara bisa memindahkan gigi tanpa harus menekan kopling. Fitur lain yang juga tersemat di dalam motor ini antara lain Power Assist Slipper Clutch (PASC), throttle ride-by-wire, hingga optional connectivity unit.

Untuk dapat mengakomodir riding dengan jarak yang jauh dan sangat jarang pompa bensin, Husqvarna membekali motor ini dengan tangki yang cukup besar yaitu 19 liter. Dengan kapasitas tersebut, motor ini bisa berjalan hingga sejauh 400 kilometer tanpa mengisi bbm.

Husqvarna membanderol motor ini dengan harga Rp 500 Juta dan tersedia di PT Digital Prada Makayasa yang menjual motor berkapasitas lebih dari 500 cc. Dealer tersebut ditunjuk langsung oleh PT PT Premium Motorindo Abadi, selaku Agen Pemegang Merek KTM & Husqvarna Motorcycles di Indonesia.