Foto: Dok. Motorsport.com
0
39

Joan Mir Resmi Duet Dengan Marc Marquez Musim 2023

Beberapa waktu lalu pembalap Suzuki Ecstar yaitu Joan Mir sempat dirumorkan tengah dilirik tim Repsol Honda. Tak selang beberapa lama, kabar tersebut menjadi kenyataan. Mir resmi bergabung dengan Honda melalui pernyataan resmi dari Honda Racing Corporation.

“Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan Joan Mir. Juara Dunia MotoGP 2020 itu membuktikan dirinya sebagai seorang juara dunia bertalenta dari musim penuh pertamanya di Moto3 pada 2016. Pada 2017 #36 mengangkat mahkota kelas ringan di atas Honda sebelum pindah ke kelas menengah pada tahun berikutnya. Bersamaan dengan dua Kejuaraan Dunia, pembalap Spanyol itu telah mengklaim 12 kemenangan Grand Prix dan 33 podium. Pembalap berusia 24 tahun itu akan bersaing dengan Honda RC213V di Tim Pabrik dengan kontrak dua tahun bersama Marc Marquez,” tulis keterangan resmi Honda.

Foto: Twitter @marcmarquez93

Ya Joan Mir menandatangani kontrak dengan Honda dalam waktu 2 tahun hingga tahun 2024. Nantinya juara dunia MotoGP 2020 tersebut akan duet dengan Marc Marquez.

Hadirnya Mir di Honda membuat Marquez optimis akan membawa timnya menjadi lebih baik lagi. Kepercayaan diri dari pembalap yang dijuluki Baby Alien tersebut bukanlah tanpa alasan, ia sangat percaya dengan kemampuan yang dimiliki oleh Mir terutama saat bergabung dengan Suzuki.

“Dia (Joan Mir) salah satu yang terbaik, dia memiliki skill dan kemampuan yang dibutuhkan Honda dan hanya perlu menyesuaikan,” terang Marquez.

“Terlepas dari masa penyesuaiannya dengan situasi atau motor yang berbeda, dia selalu cepat. Dan dia memenangkan gelar juara MotoGP,” katanya menambahkan.

Bahkan pembalap asal Spanyol tersebut menyebutkan jika tim Repsol Honda bisa menjadi tim terkuat musim ini lantaran dihuni oleh dua pembalap berbakat tersebut. Meski keduanya mengutamakan kerja sama, mereka masih tetap mengincar gelar juara dunia untuk musim depan. 

Foto: Dok. Motorsport.com

Namun Mir masih belum turun di ajang MotoGP Aragon, baru hanya Marquez yang turun setelah 3 minggu absen terkait dengan cederanya. Meski kembalinya sang Baby Alien begitu ditunggu, Marquez belum berhasil memberikan performa terbaiknya.

Pembalap asal spanyol tersebut kehilangan grip di lap pertama yang mengakibatkan ia jatuh dan membuat dua pembalap lain ikut terjatuh. Salah satu pembalap yang tidak bisa menghindari insiden tersebut adalah Fabio Quartararo yang tengah memburu poin penuh saat itu.