Foto: Dok. Visordown
0
34

Moto Guzzi Rilis V7 Stone Edisi Khusus

Moto Guzzi termasuk pabrikan sepeda motor yang legendaris. Merek ini sudah bertahan cukup lama. Bahkan, belum lama ini, pabrikan asal Italia tersebut baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

Untuk merayakannya, Moto Guzzi meluncurkan V7 Stone Special Edition. Peluncurannya dilakukan di Giornate Mondiali Moto Guzzi alias Moto Guzzi World Days, yang digelar 8-11 September 2022. Acara tersebut digelar di Mandello del Lario, Italia.

Foto: Dok. Visordown

Pada edisi spesial ini, V7 Stone tampil sedikit berbeda dari V7 Stone standar. Bahkan, bisa dibilang cukup nyentrik, tapi masih terkesan elegan dan berkelas. Secara keseluruhan, desainnya masih sama, masih mempertahankan nuansa retro.

Moto Guzzi menghilangkan cat model matte atau doff yang sudah menjadi ciri khas dari versi Stone. Untuk edisi spesial ini, V7 Stone menggunakan skema warna ‘Shining Black’ yang mengkilap.

Foto: Dok. Visordown

Tapi, warnanya tidak dibuat polos. Moto Guzzi menghiasinya juga dengan sentuhan grafis merah pada tangki. Konsep ini mengingatkan pada model paling sporty dari Moto Guzzi. Moto Guzzi juga menyematkan spion model bar end pada V7 Stone Special Edition, sehingga terlihat lebih retro.

Kesan sporty juga dibangun dari penggunaan dual shock berwarna merah pada bagian pernya. Lalu, jok berwarna hitam menggunakan jahitan berwarna merah, sehingga terlihat cukup kontras.

Foto: Dok. Visordown

Pada bagian riser setang, disematkan pelat untuk mengidentifikasi status edisi spesial. Terdapat pula motif tersembunyi dengan penutup cylinder head yang dicat grafit dan pelindung throttle body dari aluminium yang dilapis anodized hitam. Bahkan, bagian tutup tangki juga dibuat berbeda dengan bahan aluminium billet anodized yang dicat berwarna gelap.

Tak ketinggalan, performanya sedikit didongkrak menggunakan knalpot aftermarket dari Arrow. Bagian kaki-kaki juga ditingkatkan dengan mengandalkan ban Dunlop AeroMax StreetSmart yang menawarkan cengkraman lebih baik di jalan aspal.

Foto: Dok. Visordown

Namun, bagian dapur pacunya tetap dibuat standar, yakni mesin V-Twin 90 derajat, berkapasitas 850 cc. Untuk mesin standar, tenaganya mencapai 64 hp pada 6.800 rpm dan torsi nya 73 Nm pada 5.000 rpm. Tapi, untuk edisi spesial ini, tenaganya tembus 66,5 hp pada 6.700 rpm dan torsi nya 75 Nm pada 4.900 rpm.

Moto Guzzi baru memasarkan V7 Stone Special Edition secara luas pada Oktober 2022. Untuk pasar Eropa, motor ini akan dibanderol 9.999 euro atau sekitar Rp 150 jutaan.