Foto: Dok. Gilamotor
0
65

Udah Kenalan Sama Klab Motor SOG Belum?

Sepeda motor baik di Indonesia hingga di dunia memang sangat banyak jenisnya. Mulai dari cc yang kecil hingga cc besar, transmisi manual hingga otomatis bahkan mulai dari scooter hingga sport bike.

Di Indonesia pun jenis-jenis motor sangat banyak mulai dari scooter hingga sport bike berkapasitas besar. Namun yang paling banyak dijual dipasaran adalah motor jenis skuter dan juga motor dengan rentang cc mulai dari 100cc hingga 250cc.

Bicara soal motor dengan jenis skuter memang sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia. Saat ini motor dengan jenis skuter ini tersedia cukup banyak jenisnya mulai dari Vespa, Lambretta dan masih banyak lagi.

Ada sebuah komunitas yang menaungi para pecinta motor dengan jenis skuter tersebut yaitu Scooter Owner Group (SOG) Indonesia. Komunitas ini mulai dibentuk pada tahun 1995 silam di Bandung yang diprakarsai oleh 10 orang pendiri.

Foto: Dok. Gilamotor

Namun pada saat komunitas ini berdiri, namanya masih belum menggunakan Scooter Owner Group tapi menggunakan nama Vespa. Tapi nama tersebut dinilai terlalu spesifik dan tidak bisa merangkul pengguna scooter lain selain vespa. Akhirnya para pendiri menggunakan nama Scooter Owners Club pada saat itu. 

Karena organisasi ini bekerja semakin positif dan semakin besar, maka para dewan penasehat menyarankan untuk menyesuaikan nama organisasi tersebut. Merujuk kepada organisasi motor lain seperti Harley Owners Group (HOG), SOC pun akhirnya berubah nama menjadi Scooter Owners Group (SOG).

Hingga saat ini Scooter Owner Group Indonesia menjadi komunitas scooter terbesar di dunia yang dicatat oleh salah satu media scooter asal Inggris yaitu Scooter Magazine. Besarnya komunitas ini dihitung dari banyaknya jumlah peserta yang terdaftar.

Foto: Dok. Gilamotor

Bahkan sebaran anggota dari SOG tidak hanya sampai di Indonesia saja, tapi ada beberapa negara yang terdapat anggota SOG yang diberi nama Brother SOG. Adapun negara yang terdapat Brother SOG antara lain Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Thailand dan beberapa negara lain.

Hal yang membuat komunitas ini begitu besar selain memang banyaknya masyarakat Indonesia yang begitu menyukai scooter, SOG Indonesia tidak membatasi scooter yang dimiliki oleh masyarakat ketika ingin bergabung. Jika ada masyarakat yang ingin bergabung dengan SOG Indonesia, salah satu syaratnya adalah memiliki scooter baik 2 tak manual hingga 4 tak otomatis. Namun untuk 4 tak otomatis hanya diperbolehkan untuk brand Eropa saja.

Selama komunitas ini berdiri, ada berbagai event yang telah digelar. Salah satunya adalah gelaran Jelajah Nusantara dimana para member berkendara menggunakan scooter mereka masing-masing dan mendatangi tempat eksotis di Indonesia.

Event Jelajah Nusantara yang akan digelar dalam waktu dekat adalah Jelajah Nusantara 3 yang bakal digelar pada bulan November 2022 mendatang. Ada beberapa etape yang akan dijalankan pada event kali ini. 

Untuk etape pertama akan digelar dari Jakarta menuju ke Sabang. Etape kedua Jakarta Manado dan etape ketiga dari IKN menuju ke Brunei Darussalam.

Jelajah Nusantara sendiri sudah berjalan dari tahun 2009 yang digelar dari Lampung menuju ke Bromo. Kemudian Jelajah Nusantara kedua digelar pada tahun 2011 dari Bandung ke Lombok.

Pada Jelajah Nusantara 3 akan ada sub event pada setiap etape berlangsung. 3 sub event tersebut antara lain Gemilang Nusantara dimana akan dibuat pasar UMKM Nasional yang akan berkolaborasi antara UMKM setempat dengan UMKM yang ada di cabang-cabang SOG Indonesia.

Kemudian sub event lain ada Pesona Indonesia dimana akan digelar live talkshow dengan Pemerintah Daerah dan kementrian pariwisata ekonomi kreatif tentunya di tempat wisata yang memiliki potensi besar namun belum terekspose. Sedangkan sub event yang ketiga akan ada Ekspedisi Kebangsaan dimana narasumbernya berasal dari pemuka agama.

Bagi para pemilik yang berminat untuk mengikuti jelajah nusantara terbuka untuk member SOG Indonesia maupun non member. Namun syarat utamanya adalah harus memiliki dan menggunakan scooter. Untuk scooter 2-tak bebas mau menggunakan Vespa atau Lambretta. Sedangkan untuk scooter 4-tak khusus untuk brand scooter Eropa saja.

Saat ini SOG Indonesia memiliki Ambassador dimana ditentukan pada Munas ke-5 tahun 2021 silam adalah Vino G. Bastian. Selain menjadi ambassador, Vino G. Bastian ikut terlibat menjadi panitia Jelajah Nusantara 3.