Foto: Dok. Motogp.com
0
28

Tim Repsol Honda Terinspirasi Desain Aerodinamika Aprilia

Pembalap andalan tim Repsol Honda yaitu Marc Marquez sudah kembali balap usai pemulihan cedera tangan kanan yang ia derita. Seiring dengan kembalinya sang Baby Alien, Honda melakukan beberapa ubahan pada Honda RC213V yang dibesutnya.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh tim pada motor balapnya adalah paket aerodinamika untuk memberi downforce yang baik. Namun kabarnya desain aerodinamika pada Honda RC213V tersebut terinspirasi dari motor Aprilia RS-GP22.

Hal yang membuat orang bilang desainnya terinspirasi dari Aprilia adalah desain yang digunakan sangat mirip yang digunakan pada RS-GP22. Bentuk sayap dan fairing yang digunakan pada RC213V lebih menonjol dengan bentuk lubang udara yang lebih bulat. Inovasi lain yang bisa terlihat ialah bagian belakang atau ekor yang lebih tebal.

Foto: Dok. Motorcyclesport.net

Namun sayangnya dengan desain yang digunakan oleh Honda tersebut kurang mendapatkan respon positif dari Aprilia. Pabrikan motor asal Italia tersebut merasa kesal lantaran desainnya ditiru. 

Tapi lain halnya dengan pembalap dari Aprilia yaitu Aleix Espargaro, justru ia merasa bangga dengan hal tersebut. Salah satu alasan ia merasa bangga adalah berarti Aprilia berhasil membuat motor dengan desain aerodinamika yang sangat baik sehingga tim lain menggunakan desain aerodinamika yang mirip.

“Merupakan suatu kebanggaan bahwa pabrik sebesar Honda memiliki sayap, fairing, banyak hal yang sangat mirip dengan Aprilia. Sebuah kebanggaan juga untuk semua insinyur di Noale yang melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Aleix.

Foto: Dok. Motorcyclesport.net

Di ajang MotoGP menggunakan desain yang terinspirasi dari motor lain sebenarnya tidak menjadi masalah. Pasalnya inspirasi yang diambil oleh RC213V dari RS-GP22 adalah untuk kembali mensejajarkan dengan merek MotoGP lain sesegera mungkin. 

Kejadian seperti ini sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya, tapi beberapa waktu lalu terjadi hal yang sama. Dimana saat itu MotoGP brand Eropa sedikit tertinggal dari brand Jepang, saat itu brand Eropa melakukan penyesuaian pada motornya untuk mengejar apa yang sudah dilakukan oleh brand Jepang.

Seperti contoh Aprilia yang terlihat meningkat pesat pada MotoGP 2022 ini. Hal tersebut tak terlepas berkat teknologi motor dan juga kegigihan dua pembalapnya, Aleix Espargaro serta Maverick Vinales yang mampu unjuk gigi di atas trek dan berhasil beberapa kali naik podium.