Foto: Dok. Yamaha Global
0
36

Yamaha Rilis Tritown, Sepeda Listrik Mirip Skuter Roda Tiga

Yamaha tidak hanya fokus mengembangkan sepeda motor listrik. Bahkan, pabrikan berlogo garpu tala ini juga mengembangkan skuter roda tiga bertenaga listrik. Belum lama ini, Yamaha sudah memperkenalkannya ke publik, yakni Yamaha Tritown.

Sebenarnya, skuter listrik roda tiga ini bukan barang baru. Yamaha sudah pernah memperkenalkannya pada ajang otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Setelah itu, dipamerkan lagi pada ajang CES 2019.

Foto: Dok. Yamaha Global

Skuter roda tiga ini cukup unik, karena selain ditenagai dengan listrik, juga dapat meliuk-liuk bermanuver tanpa membuat penggunanya takut terjatuh. Konsep yang digunakan sama seperti pada Tricity dan Niken, di mana Yamaha mengaplikasikan konsep Leaning Multi Wheel (LMW).

Alasan Yamaha dalam mengembangkan Tritown adalah untuk menawarkan pilihan cara berkendara pada masyarakat perkotaan dengan kendaraan yang ramah lingkungan. Khususnya, untuk masyarakat yang memiliki mobilitas jarak dekat hingga menengah.

Foto: Dok. Yamaha Global

Dalam keterangan resminya, Yamaha mengklaim desain Tritown terinspirasi dari bentuk dan struktur yang terdapat di alam. Model pendekatan desain Biomimikri berhasil mewujudkan bodi kendaraan yang lebih kompak, lebih ringan, dan lebih kuat.

Yamaha menggunakan sasis yang ringkas dan juga ringan pada Twitown. Sasisnya dibuat dengan menggabungkan bagian melengkung dan struktur rangka bengkok pada seluruh bodinya sehingga jadi lebih kuat.

Foto: Dok. Yamaha Global

Tak heran jika Yamaha berhasil mendapatkan German Design Award 2021 untuk Tritown. Tidak mudah bagi suatu produk untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Sebab, butuh evaluasi dengan standar desain yang tinggi. Tritown juga harus bersaing dengan produk lainnya dari seluruh dunia.

Untuk bagian baterainya, sengaja dibuat terekspos. Termasuk bagian sasis, tidak menggunakan bahan penutup. Tapi, jika diperhatikan sekilas, desainnya juga mirip dengan sepeda lipat masa kini.

Foto: Dok. Yamaha Global

Terkait spesifikasinya, Yamaha Tritown dibekali dengan baterai lithium ion. Bobot keseluruhan skuter roda tiga ini mencapai 40 kilogram dengan panjang lebih dari 1 meter. Penggunanya dapat memacu skuter listrik ini hingga melaju di kecepatan maksimal 25 kilometer per jam.

Sayangnya, Yamaha Tritown masih sebatas konsep. Sehingga, belum dapat diketahui soal detail spesifikasinya. Selain itu,  belum diketahui juga kapan Yamaha akan memproduksinya secara massal.