0
40

Apa Benar Kanvas Ganda Karbon Bisa Hilangkan Gredek Motor Matik?

Motor dengan jenis skuter matik memang sangat diminati oleh masyarakat lantaran pengoperasian motor ini yang begitu mudah. Namun dibalik kemudahannya ada sebuah permasalahan yang kerap muncul yaitu kerap muncul getar atau gredek saat awal akselerasi.

Permasalahan tersebut tidak hanya muncul di skutik lawas saja, tapi beberapa skutik baru pun muncul permasalahan tersebut. Gredek tersebut muncul lantaran kanvas ganda tidak bisa memberikan grip yang maksimal atau bahkan kanvas lengket lantaran terlalu panas.

Seiring berkembangnya dunia modifikasi motor, muncul pula beragam part aftermarket yang bisa meningkatkan performa atau akselerasi. Salah satu part aftermarket yang juga beredar dipasaran adalah kanvas ganda aftermarket yang menggunakan material karbon.

Ada sebuah kabar yang beredar jika kanvas ganda karbon tersebut bisa menghilangkan penyakit gredek yang muncul pada sebuah skutik. Seperti dilansir Otodriver.com kanvas ganda dengan material karbon tersebut memang bisa menghilangkan penyakit yang kerap muncul itu.

Dok foto : lazada.co.id

Ivan selaku pemilik dari YR Custom yang memang spesialis mengerjakan CVT sebuah motor matik pun membenarkan hal tersebut. Salah satu alasannya adalah material karbon yang ada pada kanvas ganda memiliki daya tahan terutama terhadap panas yang lebih baik. 

“Kampas ganda karbon ini kan lebih tahan panas daripada kampas ganda standarnya. Suhu yang terlalu panas juga bisa bikin timbul gredek,” ucap Ivan.

Material karbon pada kanvas ganda tersebut juga memiliki karakter yang tidak mudah lengket ke mangkok seperti kanvas ganda standar. Salah satu penyebab gredek pada motor matik tidak hanya karena cvt kehilangan grip, tetapi kanvas ganda yang lengket ke mangkok pun bisa mengakibatkan gredek.

Selain itu hal yang ikut membantu hilangnya gredek pada motor matik lantaran menggunakan kanvas ganda karbon adalah tapak kanvas ganda karbon lebih panjang dari standar. Dengan tapak yang panjang tersebut, daya cengkram yang dihasilkan pada mangkok jauh lebih baik. Sehingga grip yang dihasilkan sangat maksimal.

Namun harga dari kanvas ganda karbon umumnya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kanvas ganda standar. Saat mengganti kanvas ganda dengan yang menggunakan material karbon, usahakan kalian memeriksa perangkat yang ada di dalam cvt lainnya. Pasalnya ketika kanvas ganda sudah menggunakan part baru namun part penunjang lainnya tidak diganti dan menggunakan part lama, hasil yang dikeluarkan tidak akan maksimal.