Foto: Motorradonline.com
0
48

BMW M 1000 R Resmi Meluncur, Tampilan Kalem Dengan Tenaga yang Buas

Pabrikan motor besar asal Jerman yaitu BMW Motorrad baru saja meluncurkan motor terbaru mereka dengan jenis Naked Bike yaitu M 1000 R. umumnya, sebuah motor bergaya street fighter memiliki tampilan yang galak, tapi tidak dengan motor yang satu ini. Tampilannya justru terlihat kalem.

Namun meski memiliki tampilan yang kalem, motor ini memiliki bagian yang buas, yaitu pada bagian mesinnya. BMW Motorrad membekali motor ini dengan mesin empat silinder DOHC dengan teknologi Shift Cam berkapasitas 999 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 209 hp para 13.750 rpm dan torsi 113 Nm pada 11.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lebih besar dibandingkan BMW S 1000 R dimana lebih besar 45 hp dan 1 Nm.

Foto: Motorradonline.com

Pada bagian kaki-kaki, BMW menyematkan suspensi depan model upside down dengan panjang 45 mm dari Marzocchi yang bisa disesuaikan. Sedangkan di bagian belakang menggunakan monoshock yang bisa diatur pula. Menariknya, suspensi ini didukung dengan fitur Dynamic Damping Control (DDC) yang dapat menyesuaikan dengan riding mode.

Kemudian pada bagian velg menggunakan model multi palang M Carbon berukuran 17 inci dibalut ban ukuran 120/70 di depan dan 200/55 untuk ban belakang. Pada velg tersebut juga terpasang cakram ganda dengan ukuran 320 mm model floating berkaliper empat piston di bagian depan, sementara di belakang terpasang rem dengan cakram 220mm ber kaliper dua piston. Rem ini didukung sistem BMW Motorrad ABS Pro.

Karena motor ini memang memiliki darah performance, motor ini dilengkapi dengan quick shifter untuk perpindahan gigi yang maksimal. Fitur quick shifter ini bisa digunakan baik untuk menaikkan gigi hingga menurunkan gigi. Fitur tersebut bisa dibilang spesial lantaran tidak semua fitur quick shift bisa digunakan untuk menaikkan dan menurunkan gigi tanpa menarik kopling.

Foto: Motorradonline.com

Tidak hanya sampai disitu saja, ada beragam fitur mutakhir lainnya yang tersemat didalam naked bike baru tersebut. Termasuk juga beberapa riding mode yang ada didalam BMW M 1000 R seperti Rain, Road, Dynamic, Race dan Race Pro1-3, juga Dynamic Traction generasi terbaru. Tak hanya itu, BMW juga menyediakan sebuah fitur kontrol wheelie dengan sensor 6-sumbu.

Fitur mutakhir yang tersemat di dalam BMW M 1000 R meliputi mode pengereman throttle dan engine, launch control, hill start control, juga sensor elektronik yang sensitif terhadap kemiringan. Ketika kita menggunakan motor ini di jalan bebas hambatan, kita juga bisa menggunakan fitur cruise control.

Tidak hanya memiliki tenaga yang besar dan fitur yang mumpuni, tapi motor ini juga memiliki bobot yang cukup ringan. Ringannya bobot yang ada pada motor ini ikut disumbangkan dengan material serat karbon di bagian fairing dan beberapa material dengan bobot ringan dibagian lain.

Foto: Motorradonline.com

Untuk menampilkan informasi dari motor, BMW menyematkan instrumen cluster berupa layar TFT berukuran 6,4 inci full digital yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Motor ini juga menggunakan stang model terbaru dengan spion bar end di bagian ujung stang.

BMW M 1000 R 2023 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Light White non-metallic / M Motorsport dan Black Storm Metallic / M Motorsport. Soal harga, motor ini dibanderol sekitar Rp 418 jutaan.

Foto: Motorradonline.com