Dok foto :tuningblog.eu
0
48

Honda Monkey 2023 Resmi Meluncur, Pakai Mesin 125 cc

Salah satu pabrikan motor asal Jepang yaitu Honda baru saja meluncurkan motor terbaru mereka yaitu Honda Monkey 2023. Motor dengan dimensi mungil tersebut diluncurkan untuk pasar Eropa.

Walau baru meluncur di tahun 2021 silam, motor yang menggunakan konsep iconic-fun bike ini mendapatkan beberapa penyegaran. Jika dilihat dari bentuk fisik, facelift motor ini tidak mendapatkan banyak ubahan signifikan. Honda hanya melakukan refresh tampilan dari Monkey 2023 dengan menyesuaikan filosofi desain sentuhan Minoru Morioka.

Buat kalian yang belum tau Minoru Morioka itu siapa, beliau adalah orang dibalik asal-usul hadirnya Honda Monkey dan ST50 DAX tahun 1960-an silam. Konsep yang hadir pada motor tersebut antara lain membawa warna dan motif baru kotak-kotak di jok. Motif jok yang kental aura retro modern tersebut ikut mengangkat aura keren dari motor ini.

Dok foto : Motor1.com

Ada tiga warna baru yang ditawarkan oleh Honda pada Monkey 2023 ini yaitu Banana Yellow, Pearl Nebula Red, dan Pearl Shining Black. Namun ketiga warna tersebut bukan terletak di bagian tangki atau cover aki, tapi justru di bagian rangka, arm, segitiga suspensi depan dan juga bagian jok. Pada bagian tangki dan cover aki dibalur dengan warna silver dengan sentuhan warna putih.

Namun bagian lain pada Monkey 2023 masih sama seperti Monkey yang diluncurkan tahun 2021 silam termasuk bagian mesin. Motor kecil ini masih dibekali dengan mesin satu silinder yang memiliki kapasitas 124,7 cc, 4 tak, SOHC berpendingin udara.

Mesin tersebut memiliki tenaga puncak 9,2 hp pada 6.750 rpm serta torso 11 Nm pada 5.500 rpm. Mesin ini menjanjikan konsumsi bbm yang irit lantaran sudah menggunakan sistem bahan bakar PGM-Fi. Mesin ini dilengkapi dengan transmisi 5-kecepatan dengan sistem kopling Multi-hand.

Honda Monkey 2023 hadir dengan struktur steel black bone yang dilengkapi dengan suspensi upside down di bagian depan dengan travel 110 mm. Sedangkan di bagian belakang menggunakan dual shock dengan travel 102 mm 

Meski memiliki dimensi yang mungil, Honda Monkey 2023 dilengkapi dengan sistem pengereman cakram hidrolik tunggal berukuran 220 mm yang dilengkapi dengan ABS berbasis IMU. Sedangkan di bagian belakang dilengkapi pula dengan cakram hidrolik tunggal berukuran 190 mm.

Mungilnya dimensi dari Honda Monkey ikut ditopang dengan penggunaan velg berukuran kecil pula yaitu 12 inci. Velg tersebut dibalut dengan profil ban berukuran 120/80 di bagian depan dan 130/80 dibagian belakang.

Meski bergaya retro, sentuhan modern pun ada dimotor ini yang diwakilkan oleh layar LCD digital berukuran bulat pada bagian instrument cluster. Motor ini pun dibekali dengan kapasitas tangki yang kecil yaitu hanya 5,6 liter saja dan memiliki bobot yang sangat ringan yaitu 104 kg saja.

Bicara soal harga, pihak Honda untuk pasar Eropa masih belum mengumumkan secara resmi. Namun dengan ubahan yang tergolong minor tersebut motor ini dibanderol dengan harga yang tidak jauh dari versi 2021nya.

Untuk versi Monkey 2021, di Eropa Honda Monkey dijual dengan harga 4.950 euro atau sekitar Rp 77 jutaan. Sedangkan di Indonesia sendiri Honda Monkey dijual dengan harga Rp 82 jutaan OTR Jakarta.