Foto: Dok. Rushlane.com
0
69

KTM Meluncurkan RC 390 dan RC 200 Berbalut Livery MotoGP

KTM jadi salah satu pabrikan dan tim balap yang diperhitungkan di MotoGP. Pabrikan ini juga beberapa kali berhasil meraih kemenangan dan naik podium melalui pembalapnya, yakni Brad Binder dan Miguel Oliveira.

Selain tim pabrikan, KTM juga memiliki tim satelit, yaitu KTM Tech3 MotoGP, dengan kedua pembalapnya, Remy Gardner dan Raul Fernandez.

Belum lama ini, KTM India merilis pilihan warna terbaru untuk dua motor sport full fairing andalannya, yakni RC 390 dan RC 200. Kedua motor sport ini mendapatkan penyegaran dari segi eksterior dengan balutan livery MotoGP. Tapi, bukan livery tim pabrikan yang digunakan, melainkan tim satelit KTM Tech3 MotoGP.

Foto: Dok. Rushlane.com

Skema warna tim KTM Tech3 MotoGP terlihat dari logo KTM yang berukuran besar di sisi kiri dan sisi kanan. Kemudian, dipermanis juga dengan beberapa aksen hitam. Sementara untuk rangka trelisnya dicat dengan dua warna, bagian depan menggunakan warna oranye, sedangkan bagian belakang berwarna hitam.

Skema warna yang serupa juga digunakan pada RC16 milik Remy Gardner dan Raul Fernandez. KTM mengatakan bahwa desain warna tersebut mencerminkan kekuatan dan efisiensi motor.

Kemudian, detail lainnya yang memiliki perbedaan ada pada suspensi belakang dengan per yang dikelir warna putih. Lalu, pada bagian peleknya juga berbeda, dengan model palang lima, dan dipadukan dengan disc brake yang berukuran cukup lebar.

Dari segi teknis, baik RC 390 maupun RC 200, tidak ada perubahan. Untuk RC 200, KTM tetap mengandalkan mesin 199,5 cc, satu silinder, 4 tak, berpendingin cairan, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 25 HP dan torsi maksimum mencapai 19,2 Nm.

Foto: Dok. Rushlane.com

Begitu pula dengan RC 390, di mana KTM masih menyematkan mesin 373,3 cc, satu silinder, 4 tak, berpendingin cairan, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 43,5 HP dan torsi maksimum mencapai 37 Nm.

Untuk harganya, KTM RC 390 dibanderol Rs 316.070 atau setara Rp 58,6 jutaan. Sedangkan untuk KTM RC 200, dipasarkan dengan harga Rs 214.688 atau setara Rp 39 jutaan.

Sayangnya, edisi KTM Tech3 MotoGP ini hanya tersedia di India. Belum diketahui apakan KTM Indonesia juga akan turut memasarkannya. Namun, kecil kemungkinannya, karena musim depan Tech 3 akan menggunakan livery Gasgas.