Dok foto : aripitstop.com
0
76

Pakai Suspensi Upside Down, Begini Cara Merawatnya

Sepeda motor tentu dilengkapi dengan suspensi yang berfungsi untuk meredam kejut saat sedang digunakan berjalan. Suspensi yang ada pada sepeda motor sangat beragam jenisnya salah satunya adalah suspensi upside down yang biasanya digunakan pada bagian depan motor.

Suspensi upside down memiliki bentuk yang mirip dengan suspensi teleskopik biasa. Hanya saja tabung shock breaker pada jenis suspensi ini berada dibagian atas sedangkan as shock breakernya berada di bagian bawah. Umumnya motor yang menggunakan suspensi upside down adalah motor sport atau motor adventure.

Meski suspensi ini terlihat begitu sporty, perawatan yang harus dilakukan oleh sang pemilik sedikit lebih ekstra dibandingkan dengan merawat suspensi telescopic biasa. Salah satu alasan perawatan yang ekstra pada suspensi ini adalah suspensi jenis inverted telescopic ini memiliki konstruksi dan cara kerja yang berbeda dibandingkan suspensi biasa.

Salah satu bagian pada suspensi upside down yang wajib mendapatkan perhatian lebih adalah bagian as shockbreaker. Karena as shock breaker jenis ini berada di bawah, as tersebut rentan terkena kotoran atau bahkan kerikil yang terhempas ban saat sedang berjalan.

Salah satu perawatan ekstra yang harus dilakukan ketika memiliki motor yang dilengkapi dengan suspensi upside down adalah kita harus rajin membersihkan as suspensi setiap habis menggunakan motor tersebut baik hujan maupun tidak hujan. Pasalnya walau dalam kondisi kering, as suspensi tetap dalam kondisi agak basah dan berpotensi menampung debu.

Dok foto : tmcblog.com

Karena itu kita wajib membersihkan as tersebut setiap saat. Untuk membersihkannya pun cukup dengan menggunakan air, shampo motor, busa cuci dan kemudian lap kering. Lap kering tersebut digunakan saat kita selesai membersihkan as suspensi untuk menghindari terjadinya karat.

Untuk menahan menempelnya debu, kita bisa memasang pelindung as suspensi yang dijual di pasaran. Atau kita juga bisa mengganti spakbor depan bawaan motor dengan spakbor aftermarket yang memiliki kuping menutupi as shock breaker upside down.

Pelindung tersebut tidak hanya bisa menahan debu saja, tapi fungsi yang lebih utamanya adalah bisa menahan pentalan kerikil yang terinjak oleh ban atau terlempar dari motor lain yang ada di depan. Dengan begitu, as suspensi tidak mudah luka.

Jika as suspensi sudah luka, maka saat as tersebut bermain dan masuk kedalam tabung shock, oli akan keluar. Dan lebih parahnya, seal shock akan mudah jebol.