Foto: Dok. Gridoto.com
0
63

Tips Modifikasi Motor Matic Low Budget

Tren modifikasi terus merambah dan banyak pemilik skuter matik (skutik) yang ingin mempercantik penampilan motornya. Selain itu, dengan memodifikasi motor juga bisa bikin tampilannya jadi berbeda dari motor lainnya. Sebab, memodifikasi motor merupakan bentuk ekspresi diri.

Modifikasi motor juga banyak macamnya, mulai dari yang ringan hingga yang paling berat. Dari segi budget atau biaya, modifikasi juga bisa bermacam-macam.

Modifikasi motor dengan biaya yang tak mahal juga tetap bisa membuat tampilannya lebih keren. Dengan memodifikasi motor, pemiliknya juga bisa menambah kepercayaan diri. 

Dalam memodifikasi motor, ada beberapa bagian yang cukup krusial. Bagian-bagian yang jika dimodifikasi, akan langsung mengubah penampilan motor cukup signifikan, seperti spion, bodi motor, jok, serta ban dan pelek.

Foto: Dok. Gridoto.com

Namun, sebelum memodifikasi motor, ada baiknya untuk menentukan konsepnya terlebih dahulu. Sehingga, antara part yang satu dengan part yang lain masih memiliki kesamaan. Contohnya, seperti gaya jap style, cafe racer, tracker, scrambler, chopper, dan lainnya. Jadi, dalam membeli part yang diinginkan juga lebih terfokus.

Berikut ini beberapa part yang bisa dimodifikasi dengan low budget:

  1. Spion

Spion bisa dibilang jadi part paling terjangkau dalam hal memodifikasi motor. Berbeda dengan mobil, mengganti spion lebih mudah dilakukan. Banyak pemilik motor yang menganggap spion standar bawaan pabrik kurang estetik. Untuk itu, banyak yang menggantinya dengan desain yang lebih menarik. Kisaran harganya juga cukup variatif, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Foto: Dok. Gridoto.com
  1. Decal

Melapisi bodi motor dengan decal juga menjadi salah satu cara jitu untuk memodifikasi motor. Dengan decal, perubahannya juga jadi signifikan. Daripada mengecat ulang semua bodi, selain memakan waktu, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Untuk biayanya juga bervariasi, tergantung dari banyaknya bahan yang digunakan dan kualitas decal tersebut, mulai puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Foto: Dok. Motorplus-online.com
  1. Ban dan Pelek

Selain bodi motor, kaki-kaki sering kali juga menjadi pusat perhatian. Dengan mengganti pelek dan ban, tampilan motor juga bisa berubah signifikan, tak jauh berbeda dengan mobil. Namun, sekali lagi, perlu disesuaikan juga model yang ingin dipasang dengan konsep modifikasi yang diusung. Contohnya, modifikasi bergaya retro akan lebih cocok jika menggunakan pelek jari-jari dan ban model white wall.