Foto: Dok. Viar
0
71

Viar Luncurkan Motor Listrik Terbaru, N1 dan N2

Peminat motor listrik semakin banyak belakangan ini. Untuk itu, Viar menghadirkan skuter listrik terbarunya, yakni Viar N1 dan Viar N2. Kedua model tersebut menambah lengkap jajaran motor listrik yang dimiliki Viar setelah Q1 yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu.

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia, mengatakan, hadirnya N1 dan N2 adalah untuk menjawab kebutuhan konsumen yang ingin motor listrik dengan daya jelajah yang lebih jauh dan tenaga lebih besar.

“N1 dan N2 masuk dalam kategori medium distance (jarak tempuh menengah) diharapkan dapat menjadi alternatif baru bagi konsumen yang membutuhkan kendaraan listrik dengan jarak tempuh yang lebih jauh untuk rutinitas mobilitas dengan biaya murah,” ujar Frengky, dalam keterangan resminya.

Foto: Dok. Viar

Secara tampilan, antara N1 dan N2 sekilas memiliki banyak kesamaan. Namun, masing-masing memiliki perbedaan juga pada beberapa bagian komponennya, seperti jumlah baterai yang disediakan, sistem kelistrikannya, Electronic Control Unit (ECU), motor penggerak, dan kapasitas pengisi dayanya.

Viar N1 mengandalkan motor penggerak dengan tipe BLDC yang memiliki kekuatan sebesar 1.500 watt. Sedangkan untuk baterainya, hanya dibekali satu unit dengan daya spesifikasi 60V 23Ah.

Sementara untuk Viar N2, dibekali dengan motor penggerak yang kapasitasnya hampir dua kali lipat dari N1, yakni 2.000 watt. Motor listrik ini memiliki dua unit baterai sebagai sumber dayanya yang dirangkai secara paralel dengan masing-masing baterainya berdaya 60V 23Ah.

Dengan kondisi baterai yang terisi penuh, Viar N1 dapat menempuh jarak hingga 60 kilometer. Sedangkan kecepatan maksimumnya, hingga 60 kilometer per jam. Sementara Viar N2, dapat menempuh jarak yang lebih jauh, yakni 110 kilometer. Sementara untuk kecepatan maksimumnya, tetap 60 kilometer per jam.

Untuk desainnya, kedua motor listrik ini dibuat dengan model yang mengotak. Secara keseluruhan, tampilannya seperti skuter listrik dengan tampilan yang bersih dan minim detail. Terkesan sederhana, karena lebih memaksimalkan fungsionalitas.

Viar membekali keduanya dengan panel meter digital berukuran besar yang tampilan layarnya dibuat negatif. Sehingga, lebih mudah dibaca oleh penggunanya dalam beragam situasi.

Foto: Dok. Viar

Soal sistem pencahayaan, Viar N1 dan N2 sudah mengadopsi teknologi LED agar lebih hemat energi dan tahan lama, mulai dari lampu depan, lampu belakang, lampu sein, hingga lampu pelat nomor.

Pada bagian kaki-kaki, Viar mengandalkan ban tubeless, baik pada N1 maupun N2. Sedangkan untuk ukuran bannya, dibuat sama untuk depan dan belakang, yakni berukuran 90/90-12. Remnya juga sudah mengandalkan cakram agar lebih maksimal dalam mengurangi laju motor.

Viar N1 dan N2 juga menyediakan banyak tempat penyimpanan dan juga power outlet dengan soket USB untuk mengecas smartphone. Viar juga menyediakan alarm untuk mengurangi potensi motor dicuri maling.

Viar N1 dipasarkan dengan harga harga Rp 25.870.000 (on the road Jakarta) dan Viar N2 dibanderol Rp 34.000.000 (on the road Jakarta). Sayangnya, pilihan warna yang tersedia hanya soft white.