Foto: Energicamotor
0
42

Energica Bakal Bikin Motor Listrik Bertenaga 180 hp

Kabar pabrikan motor asal Italia Energica dikabarkan bakal mengeluarkan motor listrik bertenaga 180 hp. Kabar ini cukup menghebohkan sebab motor listrik ini digadang-gadang bakal memiliki kecepatan di atas rata-rata. 

Dikutip dari RideApart, kabar ini awalnya muncul dari dokumen decoder VIN yang diterbitkan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat. Dalam dokumen tersebut, tertulis Energica bakal mengeluarkan motor listrik dengan kecepatan 180 hp atau 134 Kw. 

Jika Energica benar-benar mengeluarkan motor listrik dengan kekuatan 180 hp maka motor ini akan menjadi salah satu tunggangan elektrik yang tercepat di dunia. Pasalnya, selama ini masih ada anggapan bahwa motor listrik tak bisa secepat motor konvensional. 

Dengan kekuatan 180 hp, motor listrik yang bakal dikeluarkan oleh Energica bahkan lebih cepat dari motor  Moto2 yang biasanya hanya memiliki tenaga 140 hp. 

Sebelumnya, pada 2021, Energica lebih dulu menjalin kolaborasi dengan Reinova dan spesialis motor listrik yang juga berasal dari Italia, Mavel untuk mengembangkan motor listrik bertenaga kencang. Berkat kolaborasi ini, mereka sukses mengembangkan mesin motor listrik dengan tenaga 143-147 HP.

Foto: Energicamotor

Dokumen NHTSA tersebut juga mengungkap, Energica segera merilis varian baru Experia. Motor elektrik bergaya touring itu kini memiliki tenaga 101 HP dengan top speed 180 kpj dan jangkauan maksimum 420 kilometer.

Kabarnya, Energica Experia akan meluncur bersamaan dengan motor listrik 180 HP sebentar lagi. Sayangnya, belum diketahui kapan tanggal pastinya. Jika kabar ini benar, tentu saja motor listrik keluaran Energica ini akan segera diburu oleh pecinta tunggangan elektrik. Kita nantikan saja ya!