0
35

Helm Klasik Para Pembalap MotoGP

Nama-nama pembalap MotoGP tentu tak asing di telinga para penggemar. Aksinya melaju di arena balap kerap menjadi sorotan bagi masyarakat. Sebut saja, Valentino Rossi hingga Marc Marquez yang sering diagung-agungkan oleh penggemar.

Namun, bukan hanya pembalap MotoGP saja yang jadi sorotan, tetapi juga desain motor hingga helm yang dimiliki para pembalap tersebut. Tak hanya didesain modern, para pembalap tersebut juga memiliki helm klasik yang terinspirasi dari era 70-an hingga pembalap senior idola.

Seperti apa helm klasik para pembalap MotoGP? Berikut beberapa rangkumannya.


1. Marc Marquez

Dok. Gold & Goose

Marc Marquez merupakan pembalap asal Spanyol yang namanya santer di kalangan penikmat ajang balap MotoGP. Meski masih muda, pembalap kelahiran 1993 ini telah menyabet banyak penghargaan dari ajang balap. Sebut saja, pada ajang balap MotoGP, Marc Marquez
telah memenangkan hingga 59 kali perlombaan.

Tak hanya aksinya yang aduhai di sirkuit balap, Marc Marquez juga sempat santer diperbincangkan lantaran helm retro yang pernah ia kenakan pada ajang MotoGP Jerman 2021 lalu. Pada ajang itu, Marc Marquez memamerkan helm barunya yang memiliki penampilan istimewa.

Memiliki corak warna merah dn biru dengan didominasi warna putih, helm retro Marc Marquez terinspirasi dari pembalap di era 70 hingga 80-an. Marc Marquez juga menyebut bahwa ia ingin memberikan penghormatan kepada pembalap legendaris di era itu dengan merancang helm ‘retro’ bersama desainernya, Dave Designs.

Tak hanya diberikan sentuhan warna klasik, helm andalan Marc Marquez pada ajang MotoGP Jerman itu juga tak ketinggalan untuk menyertakan nomor 93, logo Shoei, dan juga sponsor utamanya, Red Bull dan Pull & Bear.

2. Eugene Laverty 

Dok. Twitter/AsparTeam

Pada ajang balap Grand Prix Catalan 2016, pembalap MotoGP Eugene Laverty mengenakan replika helm retro milik Eugene ‘Gene’ McDonnell. Diketahui, Gene merupakan pembalap senior yang tewas secara tragis selama balapan Junior Isle Man TT pada 1986.

Eugene Laverty mengaku mengenakan helm berdesain retro hijau itu untuk mengenang seorang teman dari keluarga dekatnya. Eugene Laverty juga menyebut bahwa mengenakan helm replika miliki Gene merupakan sebuah kehormatan besar baginya.

“Gene telah ditakdirkan untuk hal–hal besar sebelum kematiannya, dan saya bangga bisa membawa namanya di puncak balapan,” ungap Eugene Laverty.

Mulanya, ide mengenakan helm bernuansa retro replika dari Gene datang dari Saudaranya, Ciaran. Kala itu, Ciaran memberikan usulan untuk mengenakan helm replika itu sebagai bentuk penghormatan. Mendengar itu, Eugene Laverty langsung setuju dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Shoei, sponsornya, yang telah mendukung proyek tersebut.

  1. Valentino Rossi
Dok. Demonerosso Dainese

Sebelum pensiun, Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap yang namanya santer dibincangkan oleh penggemar. Pembalap bernomor 46 itu telah menyabet 89 kejuaraan. Bahkan, atas kemenangan yang diperolehnya, Rossi jadi pembalap pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500cc/MotoGP. Wajar, Valentino Rossi layak disebut sebagai salah satu pembalap legendaris.

Namun, tak hanya aksi lenggak-lenggok di area balap yang menjadi sorotan, tetapi juga desain helm-helmnya yang cukup apik. Salah satunya, helm model AGV Q3 Pro yang menjadi helm pertama di era Rossi adu balap. Menurut Rossi, helm dengan gambar matahari dan bulan itu menjadi helm pertama Rossi. Helm tersebut telah menemani kesuksesan pertamanya pada tahun 1996, dan gelar juara pertamanya pada tahun 1997.