Foto: Dok. YIMM
0
110

Intip Teknologi Hybrid di Motor Matik Yamaha Terbaru

Tahun ini, Yamaha memberikan gebrakan dengan melahirkan skuter matik (skutik) bergaya retro, yakni Fazzio. Tapi, bukan hanya tampilannya saja yang menarik. Teknologi yang disematkan oleh Yamaha juga menarik untuk dibahas.

Pasalnya, Yamaha Fazzio ini sudah dibekali dengan teknologi hybrid. Tapi, perlu diketahui, bahwa sistem hybrid yang diusung oleh Yamaha Fazzio berbeda dengan konsep hybrid pada umumnya yang banyak diterapkan pada kendaraan roda empat.

Yamaha mengklaim bahwa Blue Core Hybrid yang disematkan pada Fazzio pada dasarnya merupakan pengembangan dari teknologi Blue Core yang pertama kali diaplikasikan pada Mio M3 di tahun 2014 lalu. Sehingga, skutik bergaya retro ini memiliki tenaga yang lebih besar dan hemat bahan bakar.

Foto: Dok. YIMM

Secara spesifikasi teknis, sebenarnya Fazzio memiliki banyak kesamaan dengan skutik 125 cc Yamaha lainnya. Hanya saja, pada Fazzio dilengkapi dengan baterai tambahan. Sementara itu, skutik ini tetap dibekali dengan aki seperti motor pada umumnya.

Terkait cara kerja dari sistem hibridanya, Fazzio memiliki electric power assist start. Fitur tersebut membantu menstimulasi mesin. Sehingga, membantu tarikan awal mesin pada 3 detik pertama.

Dengan demikian, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin pada saat akselerasi awal merupakan hasil bantuan dari electric power assist start. Menurut Yamaha, 3 detik pertama merupakan waktu yang krusial bagi motor untuk berakselerasi. Pada 3 detik pertama itulah Blue Core Hybrid bekerja.

Foto: Dok. YIMM

Mengapa hanya 3 detik pertama? Sebab, menurut Yamaha, di rentang tersebutlah motor membutuhkan tenaga yang besar. Apalagi, jika motor membawa beban yang berat, seperti berboncengan, menanjak, atau saat membawa barang muatan. Pada saat itulah sistem hibridanya bekerja.

Selain teknologi hybrid, Yamaha Fazzio juga memiliki beberapa fitur unggulan lainnya, seperti lampu depan LED, double hook carabiner, lampu hazard, ban berukuran besar dan sudah tubeless, kapasitas tangki bensin hingga 5,1 liter, Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect, Smart Key System, speedometer full digital, electric power socket, kapasitas bagasi mencapai 17,8 liter, dan lainnya.

Foto: Dok. YIMM

Yamaha Fazzio hadir dalam dua varian, yakni Neo yang dipasarkan dengan harga Rp 21,89 juta (on the road Jakarta) dan Lux yang dibanderol Rp 22,19 juta (on the road Jakarta).