Dok. Bikebrewers
0
34

Modifikasi Motor Matik Bernuansa Cafe Racer

Cafe Racer merupakan salah satu gaya modifikasi motor dari Inggris yang menggabungkan motor balap dan motor jalanan. Populer di era 50an, Cafe Racer memiliki kaitan dengan skema musik rock. Pada saat itu, ada sebuah kafe bernama Ace Cafe yang jadi tempat berkumpulnya anak muda atau pengendara motor.
Pengendara motor di sana saat itu terobsesi dengan motor yang bisa melaju dengan cepat. Lantas, beberapa orang memodifikasi motor mereka layaknya motor balap. Sejak saat itu, motor bergaya Cafe Racer terus digandrungi oleh banyak orang, khususnya anak muda.
Kini, Cafe Racer masih menjadi trend bagi kalangan pengendara motor, terutama yang hobi mengotak-atik kendaraan roda duanya. Biasanya, modifikasi satu ini menggunakan motor sport atau motor bebek. Namun, kini motor matik juga tak kalah menunjukkan taringnya untuk ikut-ikutan dimodifikasi menyerupai Cafe Racer.

Tidak jauh dengan motor lainnya, modifikasi Cafe Racer di motor matik juga mengedepankan ciri khas tertentu. Misalnya, untuk stang motor, umumnya menggunakan tipe underyoke yang diposisikan di bawah fork. Selain itu, salah satu yang paling menonjol adalah pada bagian jok belakang, yang sepintas menyerupai buntut tawon, atau biasanya disebut dengan ‘jok hornet’.
Kemudian, pada tangki bahan bakarnya juga dibuat memanjang sejajar dengan bagian ekor. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesan tampilan bodi yang minimalis.
Salah satu modifikasi motor matik bernuansa Cafe Racer ialah Honda Zoomer Cafe Racer yang dimodifikasi oleh SRY Shop dari Thailand.

Dok. Bikebrewers

Diketahui Honda Zoomer memiliki desain nyentrik, namun tetap gagah. oleh SRY Shop, motor matik satu ini disulap dengan sentuhan Cafe Racer.
Beberapa modifikasi mencolok yakni pada tampilan jok yang cukup sangar dengan lapisan cover kulit berpola jahitan diamond layaknya motor jadul. Subframe-nya dirakit ulang untuk memberikan kesan clean di bagian belakang.

Stang jepitnya diberikan spion bar-end mirror, yang membuat motor ini tak seperti motor matik pada umumnya. Selain itu, suspensi depannya juga diganti dengan up side down yang menjulang.
Selain Honda Zoomer dari Thailand, salah satu anak muda Tanah Air juga memodifikasi motor Honda Vario 110 cc keluaran 2007 menjadi bak Cafe Racer. Bahkan, karena modifikasinya yang gagah, ia menyabet juara dalam perlombaan Honda Modif Contest (HMC) National Final Battle yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) tahun 2015 lalu.

Dok. Astra Honda Motor (AHM)

Ivan Jeriko, pemilik kendaraan itu, mengaku terinspirasi dari modifikasi Cafe Racer di Thailand. Melansir dari Viva, ia menyisakan pegangan CVT sebagai part standard. Selebihnya, ia membuat sendiri, termasuk velg belakang yang akunya dari velg mobil yang dibagi dua.
Lalu, untuk mesin, pemuda asal Tangerang itu mengaku tak menggantinya. Kemudian, ia menggunakan ban depan berukuran 140/70 dan ban belakang 120/80. Terakhir, ia menanam lampu LED pada Cafe Racer buatannya ini.
Bagaimana, tertarik memodifikasi motor matikmu menjadi Cafe Racer?