Foto: Honda
0
14

Motor Listrik Honda EM1 e Bakal Rilis di Indonesia Tahun Depan?

Kabar baik dari Honda, pabrikan berlogo sayap ini akan merilis motor listrik Honda EM1 e: untuk pertama kalinya di Eropa. 

Motor listrik Honda EM1 e diperkenalkan di pameran otomotif roda dua EICMA di Milan, Italia. EM1 e jadi model pertama motor listrik dari Honda yang diperkenalkan. Rencananya Honda akan memperkenalkan sedikitnya 10 motor listrik hingga 2025 secara global. 

Honda menyebut ini langkah pertamanya yang signifikan untuk memenuhi tujuan netralitas karbon yang dinyatakan Honda untuk semua lini sepeda motornya sampai 2040. 

EM1 e, EM sendiri merupakan singkatan dari Electric Moped. Produk ini ditujukan untuk anak muda yang mencari transportasi perkotaan yang simpel dan fun. 

Foto: Honda

Honda mengklaim motor ini cocok untuk perjalanan ke kantor atau kampus dengan efisien tanpa emisi. 

EM1 e: ditenagai oleh Honda Mobile Power Pack e: yang dibuat dengan fokus pada daya tahan, keandalan, dan kualitas. Sekali cas sampai penuh, motor bisa menempuh jarak lebih dari 40 km, yang dinilai akan cukup untuk penggunaan di dalam kota. 

Mobile Power Pack (MPP) dirancang untuk tahan terhadap suhu, tingkat kelembaban, benturan, dan getaran yang berbeda. MPP adalah baterai yang dapat ditukar dengan baterai yang sudah terisi penuh.

Meski akan dipasarkan lebih dulu di Eropa, ada kemungkinan motor listrik Honda ini akan juga hadir di Indonesia. Pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, PT Astra Honda (AHM) sudah memperkenalkan 2 motor listriknya untuk dirilis tahun depan (2023)

Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Peluang rilis Honda EM1 e cukup besar mengingat Honda sudah memperlihatkan salah satu  siluet motor listrik  yang rilis tahun depan sangatlah mirip dengan Honda EM1 e. Kemungkinan lain, EM1 e akan berganti nama dengan nama U-GO yang punya bentuk identik, U-GO sendiri sebelumnya terdengar kabar sudah masuk pada situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) di Indonesia.