Foto: Dok. AHM
0
120

Motor Terbaru Honda Dengan Desain Retro

Meskipun zaman sudah modern, tapi soal desain sepeda motor, gaya retro masih banyak diminati. Apalagi, untuk skuter matik (skutik), mulai dari yang kapasitas mesinnya kecil hingga menengah, tersedia di pasaran.

Salah satu pabrikan yang memiliki skutik bergaya retro adalah Honda yang meluncurkan Genio dan Scoopy. Kedua motor baru Honda ini hadir di kelas yang sama, yakni entry level dengan kapasitas mesin 110 cc.

Tapi, meskipun bermain di segmen yang sama, kedua motor baru Honda ini dibanderol dengan harga yang berbeda. Honda Genio dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Honda Scoopy.

Baca artikel lain terkait Motor Terbaru Honda: Daftar Harga Motor Honda Terbaru Lengkap & Update

 

Foto: Dok. AHM

Honda Genio hadir dalam dua varian, yakni CBS dan CBS-ISS. Skutik bergaya retro ini dibanderol Rp 18,88 juta (OTR Jakarta) untuk tipe CBS. Sedangkan tipe CBS-ISS, harganya Rp 19,475 juta (OTR Jakarta).

Meski bergaya retro, tapi Honda tetap menyisipkan sentuhan modern pada beberapa bagian. Contohnya, pada panel meter yang sudah full digital. Lalu, lampu depan juga sudah mengadopsi teknologi LED.

Tak ketinggalan, untuk mengikuti perkembangan zaman, di mana setiap orang tidak bisa lepas dari ponsel, Honda juga melengkapi Genio dengan power charger di rak depan.

Foto: Dok. AHM

Keunggulan lainnya adalah bagasi yang ada di bawah jok cukup lapang. Kapasitasnya mencapai 14 liter, cukup untuk digunakan menyimpan barang bawaan yang berukuran kecil hingga sedang, seperti jas hujan, sarung tangan, dan lainnya.

Honda Genio merupakan skutik pertama Honda yang mengandalkan rangka dengan teknologi baru. Rangkanya dibuat menggunakan teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Rangka tersebut diklaim lebih ringan, sehingga membuat pengendalian atau manuver menjadi lebih lincah dan gesit.

Terakhir, keunggulan lain yang menjadi salah satu daya tarik dari Honda Genio adalah konsumsi bahan bakarnya. Honda mengklaim Genio memiliki efisiensi BBM hingga 59,1 kilometer per liter.

Foto: Dok. AHM

Sedangkan pada Honda Scoopy, harganya memang lebih tinggi. Sebab, skutik yang juga bergaya retro ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan lebih canggih dibandingkan Honda Genio.

Baca artikel lain terkait Retro: Daftar Harga Helm Retro Bogo SNI Buat Wanita & Pria

 

Lampu depannya menggunakan LED Projector. Namun, panel meternya masih menggunakan kombinasi analog dan digital. Keunggulan lainnya adalah Smart Key System alias teknologi keyless, yang terintegrasi dengan Anti Theft Alarm dan Answer Back System.

Power charger juga diletakkan di rak depan, dengan spesifikasi 5V 2,1A. Bagasi yang ada di bawah jok memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Honda Genio, yakni 15,4 liter. Sementara konsumsi bahan bakarnya, diklaim dapat tembus 59 kilometer per liter. 

Honda Scoopy lebih boros 0,1 kilometer per liter dibandingkan Honda Genio, meskipun mengandalkan mesin yang sama. Hal ini bisa dimaklumi karena Scoopy memiliki bobot yang lebih berat, yakni 95 kg. Sementara Genio, bobotnya hanya 93 kg.