Foto: Brough Superior
0
68

AMB 001 Pro, Superbike dari Aston Martin

Kabar gembira nih bagi pecinta superbike. Pasalnya, Aston Martin berkolaborasi bareng Brough Superior baru saja meluncurkan produk mereka, motor Superbike AMB 001 Pro. Dibuat eksklusif, motor edisi terbatas ini cuma diproduksi sebanyak 88 unit di dunia lho! 

Dua brand asal Inggris ini meluncurkan produknya pada 9 November lalu di Milan’s EICMA Motorcycle Show, Milan, Italia. Padahal, selama ini Aston Martin dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi mobil dengan performa paling unggul atau yang disebut hypercar. Salah satu hypercar keluaran Aston Martin yakni Vulcan AMR Pro. 

Proyek Superbike AMB 001 Pro sebenarnya merupakan misi lanjutan dari Aston Martin dan Brough Superior yang pernah meluncurkan superbike AMB 001 pada 2019. AMB 001 Pro tampil dengan penampilan lebih berani dan performa motor yang melampaui level produk sebelumnya. 

Foto: Brough Superior

AMB 001 Pro memiliki bak mesin yang keseluruhannya dibuat dari billet aluminium, mesinnya sendiri merupakan dua silinder Supercharged DOHC V-twin berkapasitas 997 cc. Aston Martin menyebut ini membantu meningkatkan kekakuan dan desain silinder baru meningkatkan pendinginan, seperti dikutip dari Autoexpress. 

Seperti pada AMB 001, ada juga turbocharger di dalamnya tetapi AMB 001 Pro memompa 25 persen lebih banyak daya – pada 225bhp. Kerennya lagi, menurut Aston Martin, rasio power to weight yang digunakan mirip pada mobil F1 dengan gerutuan mesin yang ekstra. Soal bobot sendiri, superbike ini memiliki berat 175 kg. Motor ini termasuk ringan di kelasnya. 

Downforce juga ditingkatkan dengan spoiler depan dan sayap samping baru. Untuk membantu menyalurkan udara ke pengendara, cowling depan kini dipasang. Selain itu, untuk membantu koefisien drag, sirip belakang kini dilengkapi stabilizer aero. 

Foto: Brough Superior

Tentu saja segala spesifikasi dari AMB 001 Pro ini membuatnya jadi wajar sangat diminati oleh kalangan atas. Aston Martin juga mengklaim bahwa motor barunya, yang ditawarkan hanya untuk penggunaan trek, terinspirasi oleh Valkyrie AMR Pro.

Sayangnya, soal warna, tak ada banyak pilihan. Aston Martin hanya membuat satu warna Verdant Jade dikombinasikan dengan serat karbon dan kapur dan cat hitam. Produk ini akan menjadi barang langka karena hanya tersedia 88 unit di seluruh dunia. AMB 100 sendiri sebelumnya diproduksi lebih banyak yakni 100 unit. 

Harganya sendiri, AMB 100 Pro ditaksir sekitar senilai USD 140.000 atau Rp2,3 miliar. Para pemesan motor ini akan menerima motor mereka di akhir 2023. Kamu tertarik memilikinya?