Dok. Italjet Dragster
0
64

Italjet Dragster, Skuter Sangar dan Kekar

Belum lama ini, pabrikan roda dua asal Italia memperkenalkan skuter matik yang berpenampilan sangar dan kekar yang dijuluki motor matik Italjet Dragster. Secara resmi, motor matik Italjet Dragster ini sudah bisa didapatkan di Indonesia dengan kisaran harga mencapai Rp 137 juta hingga Rp 145 juta.

Motor matik Italjet Dragster ini pertama kali dikenalkan di ajang EICMA 2022. Motor matik ini seolah membuang kesan ‘manis’ dan ‘kalem’ dari kebanyakan motor matik yang dijajakan di pasaran. Bayangkan saja, motor matik Italjet Dragster ini dibekali dengan mesin berkapasitas 450 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 43 hp di 8.000 rpm dan torsi puncak 43 Nm di 6.000 rpm.

Selain itu, mesin motor matik Italjet Dragster, ini  bertipe 1-silinder, DOHC berpendingin cair dengan ukuran bore x stroke, 94,5 x 64 mm. Bisa dikatakan, dengan mesin yang gahar tersebut, motor matik Italjet Dragster, ini memiliki performa yang tidak main-main.

Lebih lanjut, skuter Italjet Dragster ini berbeda dengan skuter matik pada umumnya. Sebab, motor Italjet Dragster ini tidak menggunakan transmisi CVT, akan tetapi dibekali dengan transmisi 6 percepatan dengan kopling basah multi-plate. Lalu, untuk teknisinya, motor Italjet Dragster ini mengandalkan injeksi elektronik, start elektrik, dan knalpot dua arah yang diletakkan di bagian bawah motor.

Selanjutnya, untuk bagian pengereman, motor matik Italjet Dragster ini memiliki dua buah cakram atau cakram ganda depan dengan diameter 270 mm dan cakram di bagian belakang dengan diameter 230 mm. Selanjutnya, pengereman juga didukung oleh kaliper Brembo. Tenaga pengeremannya sendiri juga sudah dilengkapi dengan sistem ABS.

Dok. Italjet Dragster

Untuk sasis atau kerangkanya, motor Italjet Dragster ini mengusung rangka teralis ditambah garpu depan upside down 47 mmm. Kemudian, untuk shockbreaker ganda hidropeneumatik ada di bagian belakang.

Keunggulan lain dari motor matik Italjet Dragster ini adalah memiliki teknologi suspensi Independent Steering System (ISS) dengan single swing arm alumunium. Dengan teknologi ini, motor Italjet Dragster diklaim bisa meminimalisir getaran di stang motor.

Motor matik Italjet Dragster ini memiliki panjang 1.890 mm, lebar 750 mm, dan tinggi tempat duduk 770 mm. Kemudian, jarak sumbu roda motor Italjet Dragster ini 1.350 mm dan bobot kosong 180 kg. Lalu, untuk kaki-kakinya menggunakan velg 12 inci di depan dan 13 inci di bagian belakang.

Kemudian, untuk ban bagian depan menggunakan profil 120-70 dan untuk bagian belakang menggunakan profil 140-60. Untuk tangki bahan bakar, Italjet Dragster memiliki kapasitas tangki hingga 9 liter.

Terakhir, Motor matik Italjet Dragster  ini sudah menggunakan full LED. Menariknya, pada lampu sein depan terintegrasi dengan lever guard. Lalu untuk sein lampu belakang juga sudah menyatu dengan mudguard.