Foto: Dok. Kawasaki
0
156

Kawasaki Pamer Motor Konsep Baru Z-EV dan Ninja EV di EICMA 2022

Kawasaki termasuk salah satu pabrikan yang mengembangkan kendaraan ramah lingkungan tanpa emisi. Pada pameran otomotif bertaraf internasional EICMA 2022 di Milan, Italia, Kawasaki untuk pertama kalinya memamerkan motor elektrifikasi purwarupa mereka.

Ada empat motor elektrifikasi yang sedang dikembangkan oleh Kawasaki. Pertama, motor bergaya naked, yakni Z BEV (Battery Electric Vehicle). Kedua, motor sport full fairing, yakni Ninja BEV. Ketiga, motor berteknologi HEV (Hybrid Electric Vehicle). Keempat, motor berbahan bakar hidrogen.

Foto: Dok. Kawasaki

Kawasaki menjelaskan bahwa untuk Z BEV dan Ninja BEV, dibekali dengan baterai ganda dan kapasitas maksimumnya hanya 3 kWh. Spesifikasi tersebut sengaja disesuaikan dengan kategori SIM A1 di Eropa, di mana motor berbahan bakar bensin kapasitasnya 125 cc.

Ninja dan Z versi elektrik ini kabarnya akan mulai dijual pada tahun 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Kawasaki Motors Hiroshi Ito.

Ito mengatakan, Kawasaki berencana untuk memperkenalkan 30 model motor dengan mesin pembakaran internal secara global. Setengahnya alias 15 model ditujukan untuk pasar Eropa.

Untuk motor HEV, Kawasaki berhasil menggabungkan mesin pembakaran internal dengan motor elektrik. Motor ini kabarnya akan diperkenalkan pada 2024.

Foto: Dok. Kawasaki

Lalu, yang tak kalah menarik adalah motor berbahan bakar hidrogen pertama Kawasaki. Meski masih berstatus purwarupa, tapi tampilannya mengesankan seolah motor ini sangat bertenaga. Sebab, desainnya mirip dengan Ninja H2.

Dapur pacunya juga menggunakan mesin supercharged dari Ninja H2. Mesin berbahan bakar hidrogen tersebut menggunakan injeksi langsung dan gas hidrogen selanjutnya akan terkompresi sebagai bahan bakar.

Foto: Dok. Kawasaki

Semua purwarupa tersebut diharapkan tak hanya bisa menghasilkan efisiensi daya atau bahan bakar yang irit, tapi juga ramah lingkungan dan tentunya memiliki performa yang tinggi.