0
70

Kelebihan dan Kekurangan Helm Bogo

Belakangan ini mayorita anak muda kerap menggunakan helm bogo sebagai pelengkap dalam berkendara. Bahkan, saking populernya, helm bogo seolah jadi tren di kalangan muda mudi.

Hal itu wajar lantaran helm bogo memiliki desain klasik dan trendi. Sehingga tak hanya sebagai pelengkap saja, helm yang memiliki desain bak era 50-an itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pemakainya.

Selain itu, kaca helm bogo yang cenderung cembung membuat desain helm bogo semakin menarik. Harganya pun juga cukup murah dibandingkan model helm-helm pada umumnya. Bukan hanya itu saja, helm bogo juga sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), lho.

Helm bogo sendiri dibuat dari bahan ABS yang membuat nyaman ketika digunakan. Kemudian, bagian tempurung helm bogo juga keras, sehingga mampu melindungi kepala. Walau keras, tetapi helm bogo cukup ringan di kepala yang tidak membuat pengendara keberatan dan tidak menyebabkan pusing.

Di pasaran, helm bogo memiliki beberapa varian. Pertama dan varian helm bogo yang menggunakan kaca cembung, ini salah satu varian yang laris manis digandrungi anak muda. Lalu, ada juga jenis helm bogo yang menggunakan kaca datar layaknya helm biasa.

Sebelum kamu membeli helm bogo, ada baiknya untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangannya berikut ini:


1. Kelebihan Helm Bogo

Selain desain yang unik dan juga klasik, helm bogo memiliki beberapa unggulan lainnya seperti berat yang super ringan. Diketahui, bahwa helm bogo memiliki berat tidak lebih dari 1 kg. Wajar, dengan berat segitu, helm bogo terasa ringan dan nyaman.

Tak hanya itu, helm bogo juga terasa adem meskipun kaca helmnya ditutup. Hal ini karena kaca helm bogo memiliki rongga sebesar dua telunjuk orang dewasa yang berada di sisi kanan dan sisi kiri. Selain itu, kacanya juga pendek tidak panjang seperti kebanyakan helm.

2. Kekurangan Helm Bogo

Di balik keunggulannya dengan desain klasik, beban yang tidak terlalu berat, hingga kaca yang menyediakan sirkulasi udara dengan baik, rupanya helm bogo tidak luput dari kekurangan.

Lantaran kaca helm yang tidak terlalu panjang, helm bogo biasa tidak dapat menahan air yang masuk ke dalam helm. Sehingga pengendara dipastikan akan basah, termasuk busa pipi helm bogo.

Selanjutnya, kekurangan helm bogo lainnya terletak pada ketahanan kaca helmnya. Biasanya, bagian kaca helm bogo sangat cepat longgar, sehingga harus buru-buru diganti. Hal ini dikarenakan sistem pengunci dari kaca helm bogo menggunakan kancing. Sementara, kacanya sendiri menempel karena direkatkan dengan paku tembak.

Helm bogo memang menjadi tren di kalangan anak muda. Namun sayangnya, helm ini banyak yang palsu. Jadi, bagi kamu yang ingin membeli helm bogo, sebaiknya harus memperhatikan kualitas helm bogo, seperti bahan yang lebih tebal, bahan yang terbuat dari polikarbonat, agar tidak tertipu dengan produk yang palsu.