Dok. Astra Honda
0
87

Motor Baru Honda dengan Desain Adventure, ADV 160

Pada tahun 2022 ini PT Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan motor-motor baru yang dijual di Indonesia. Tak hanya menawarkan spesifikasi yang lebih upgrade dibanding motor sebelumnya, tetapi juga desain yang lebih kokoh dan cocok adventure, seperti Honda ADV 160.

Honda ADV 160 dilengkapi dengan mesin 160 cc yang diklaim kuat untuk melibas tanjakan dan akselerasi responsif. Meski sangar di jalan raya, tetapi Honda ADV 160 tetap irit bahan bakar. Honda ADV 160 juga dilengkapi dengan fitur canggih, yakni Honda Selectable Torque Control(HSTC) yang mampu menyeimbangkan kerja putaran roda atau berfungsi membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan antara ban depan dan ban bagian belakang, sehingga akan mampu mencegah slip pada ban belakang. Misalnya, ketika motor skutik adventure ini berada di jalanan licin.

Motor adventure ini juga telah dilengkapi ole cakram wave disk dan ABS single channel pada roda bagian depan. Lalu, untuk pengereman, Honda ADV 160 menggunakan Combi Brake System (CBS) hidrolis dengan kaliper rem depan 3 piston. Lalu, untuk bagian belakang satu piston. Kemudian, untuk tipe ABS, motor Honda ADV 160 menggunakan rem depan kaliper dua piston dan satu piston untuk bagian belakang.

Dok. Astra Honda

Honda ADV 160 memiliki ukuran yang cukup besar, seperti memiliki panjang hingga 1.950 mm dengan lebar hingga 763 mm. Selain itu, tinggi motor ini mencapai 1.196 mm. Tak hanya itu, tangki bahan bakarnya pun muat hingga 8,1 liter. 

Meski memiliki bodi yang gahar, namun Honda ADV 160 terbaru menggunakan Lower Seat Height atau ukuran ketinggian tempat duduk atau jok yang memiliki ketinggian rendah. Namun, bagasi yang ditawarkan oleh Honda ADV 160 cukup lega hingga 30 liter atau mampu menyimpan helm full face.

Fitur canggih lainnya, Honda ADV 160 dilengkapi dengan teknologi modern full digital yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar. Tak hanya itu, keunggulan lainnya ialah telah dilengkapi smart key system dan slot USB charger. 

Selain itu, Honda ADV 160 juga telah dilengkapi sektor pencahayaan layaknya motor kekinian lainnya, yakni full LED dari headlamp dengan DRL, sein, dan stop lamp. Kemudian, untuk bagian windshield, Honda ADV 160  menggunakan warna bening.

Secara teknis, Honda ADV 160 memiliki Daya Maksimum hingga 11,8 kW di 8.500 rpm. Kemudian, Honda ADV 160 ini menghasilkan Torsi Maksimum sebesar 14.7 Nm di 6.500 rpm. 

Selain mesin yang bertenaga kuda, motor Honda ADV 160 juga dilengkapi dengan sistem start stop atau Idling Stop System (ISS), atau sistem yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan mesin secara otomatis ketika motor berhenti.

Dengan mesin dan fitur yang canggih, Honda ADV 160 dihargai dengan cukup bervariatif. Untuk Honda ADV 160 CBS, motor ini dibanderol senilai Rp36.000.000 dan Honda ADV 160 ABS dibanderol dengan harga Rp 39.250.000.