Foto: Top Gear
0
97

Terpaksa Menerobos Banjir, Simak Tips Berikut Supaya Nggak Tekor

Belakangan ini Indonesia diguyur musim hujan. Beberapa daerah bahkan diberitakan mengalami banjir. Ada kalanya momen pengemudi sepeda motor tak bisa menghindari jalanan yang banjir.
Jika terpaksa melewati banjir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengendara agar motor tidak mogok. Berikut beberapa di antaranya:

1. Periksa busi dan keringkan
Setelah melewati banjir, tepikan motor di tempat aman. Segera periksa keadaan busi motor dan keringkan. Untuk itu, pengendara diimbau untuk selalu membawa kunci busi untuk mengantisi hal yang tidak diinginkan.

2. Cek filter karburator
Bagian saringan udara ini memang tidak boleh terkena air. Motor tak akan bisa menyala jika karburator basah. Segera cek filter karburator setelah melewati banjir

3. Cek knalpot
Knalpot rawan menyerap air setelah melewati banjir. Segera standar tengah motor dan posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya setelah motor melewati banjir.

4. Panaskan motor
Setelah melakukan beberapa langkah di atas, panaskan motor. Setelah motor menyala diamkan beberapa saat. Untuk menyalakan gunakan kick starter saat kontak dalam posisi off.
Gunakan manual starter atau kick starter beberapa kali, kemudian nyalakan kontak motor.
Setelah itu, tunggu beberapa waktu agar mesin kembali hangat untuk melakukan perjalanan lagi.

Pastikan selalu melakukan servis berkala agar mesin motor selalu dalam performa optimal. Ganti oli tiga bulan sekali dengan Evalube yang terjamin kualitasnya.