Foto: Purposebuiltmoto.com
0
97

Tips Pilih Kaca Spion, Jangan Asal Gaya!

Jadi salah satu komponen yang penting di motor, jangan asal ganti jika ingin memodifikasi kaca spion. Pasalnya, bisa saja mengganggu fungsi utamanya untuk melihat kendaraan di sisi kanan dan kirimu. 

Meski memang bisa membuat tampilan motor lebih keren tetapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengganti kaca spion. Berikut beberapa di antaranya: 

 

  1. Gunakan spion cermin cembung 

Yang paling utama harus diperhatikan adalah cermin pada spion tersebut. Jangan gunakan cermin datar karena sifat bayangannya akan maya, tegak, dan sama besar.

Sedangkan dengan cermin cembung, bayangan akan lebih luas sehingga pengendara lebih bisa jelas melihat kondisi kanan, kiri serta belakang. 

Foto: Pexel.com
  1. Tangkai spion yang tepat 

Biasanya anak muda akan mengganti tangkai spion mereka dengan lebih pendek agar lebih keren. Namun, ini bisa membuat tak leluasa dalam melihat kanan kiri atau terhalang tangan dan bisa berakibat fatal. 

Untuk itu jangan gunakan tangkai terlalu pendek untuk spion motor. Jangan juga gunakan yang terlalu panjang karena bisa mengganggu pengendara lain. Gunakangan tangkai yang panjangnya sesuai dengan ukuran pabrikan. 

 

  1. Sesuaikan desain 

Desain spion bisa disesuaikan dengan motor yang digunakan. Jika motor model baru seperti NMAX atau PCX bisa menggunakan spion lipat. 

Jika kalian menggunakan motor model lawas, bisa menggunakan spion dengan desain retro. 

 

  1. Perhatikan kualitas spion 

Kualitas yang baik akan membuat spion jadi lebih awet. Kualitas yang baik biasanya akan berbanding lurus dengan harganya. Meski demikian, tentunya untuk mempertimbangkan bahwa kualitas yang baik juga berpengaruh pada kenyamanan spion tersebut saat digunakan.