Foto: Dok. Motorsport.com
0
40

Alex Rins Akui Motor Suzuki Setara Ducati

Musim balap MotoGP 2022 merupakan musim terakhir bagi Suzuki lantaran musim 2023 pabrikan asal Jepang tersebut sudah tidak lagi berpartisipasi. Menutup akhir seri, salah satu pembalap dari Suzuki Ecstar yaitu Alex Rins memberikan kado terindah. Ya, Rins berhasil memenangkan gelaran MotoGP seri Valencia.

MotoGP seri Valencia 2022 menjadi seri terakhir buat Rins bersama dengan Suzuki. Ya usai seri tersebut, Rins sudah menjadi bagian dari tim LCR Honda. Pembalap yang begitu berusaha memberikan hasil terbaik untuk Suzuki tersebut meneteskan air mata saat keluar dari Suzuki.

“Saya memberikan segalanya untuk Suzuki, musim ini luar biasa,” ujar Rins, dikutip dari Speedweek (15/11/2022).

Rins pun mengungkapkan jika motor GSX-RR yang ditungganginya tersebut telah mendapatkan penyempurnaan setiap tahunnya. Pembalap asal Spanyol tersebut mengungkapkan jika performa mesin dari GSX-RR tersebut setara dengan Ducati. Maka dari itu meninggalkan Suzuki merupakan hal yang berat buat Rins.

“Kami membuat langkah maju yang besar dalam performa mesin dan setara dengan Ducati. Kepergian Suzuki tidak mudah, tapi saya menghormatinya,” kata dia.

Rins pun mengungkapkan jika apa yang telah ia terima selama 6 tahun tersebut telah melampaui apa yang telah ia terima. Namun ia pun masih memiliki keinginan untuk mengendarai motor lain setelah mengabdi selama beberapa tahun tersebut bersama Suzuki.

“Kepastian bahwa Suzuki akan pergi sangat mempengaruhi saya. Karena mengemudi tanpa kontrak untuk tahun 2023 tidaklah mudah,” ucap Rins.

“Lalu, ada cedera di Mugello. Tidak ada yang berjalan dengan baik. Di rumah, saya bekerja dengan psikolog saya untuk tetap fokus 100 persen. Meskipun itu mungkin saat yang paling sulit dalam karir saya, saya berhasil melewatinya,” ujar dia.