Foto: Dok. Benelli Australia
0
39

Benelli TRK 800 Meluncur

Pabrikan motor asal Italia yaitu Benelli baru saja meluncurkan motor terbarunya yaitu TRK 800. Motor dengan genre adventure menengah tersebut akan bersaing dengan beberapa motor dari brand lain seperti Yamaha Tenere 700, Aprilia Tuareg 660, KTM Adventure 790, hingga pendatang baru Honda XL750 Transalp.

Benelli menempatkan TRK 800 lebih tinggi dibandingkan dengan TRK 702. Meski sudah diluncurkan secara resmi oleh Benelli, motor ini masih belum dipastikan kapan akan dijual secara resmi. Kabarnya motor ini akan dipasarkan secara global pada 2023 mendatang. 

TRK 800 menggunakan bahasa desain yang sama dari TRK 502. Dimana bagian eksteriornya menggunakan desain semi-fairing dan spakbor tinggi di bagian depan. Benelli menyematkan lampu depan TRK 800 dengan lampu depan LED dual cluster lengkap dengan LED DRL berbentuk T. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan layar TFT berukuran 7 inci sebagai cluster meter.

Menariknya, TRK 800 menggunakan desain windshield yang ketinggiannya bisa disesuaikan. Selain itu, motor ini juga menggunakan jok model terpisah atau split seat. Karena motor ini memiliki desain adventure, Benelli mempercayakan velg jari-jari disandingkan dengan ban tubeless. Velg bagian depan menggunakan velg berukuran 19 inci sedangkan bagian belakang menggunakan velg berukuran 17 inci dengan ban 110/80 dan 150/70.

Foto: Dok. Benelli Australia

Bicara soal mesin, TRK 800 dibekali dengan sebuah mesin 2 silinder berkapasitas 754 cc 4 tak. Mesin tersebut telah dilengkapi dengan pendingin cairan dan sudah lolos regulasi emisi Euro5. Mesin ini dikawinkan dengan gearbox enam percepatan, yang dapat menghasilkan tenaga hingga 76,2 hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 63,8 Nm pada 6.500 rpm. Mesin tersebut pun dilengkapi dengan lengkap engine guard untuk melindungi benturan saat melewati jalan rusak.

Untuk sistem pengereman, Benelli menyematkan fitur keselamatan rem ABS pada TRK 800. Untuk pengereman, depan pakai cakram 260mm dan belakang pakai cakram 320 mm. Selain itu Benelli juga menyematkan Slipper-Assist Clutch.

Geser ke bagian kaki-kaki, Benelli mempercayakan suspensi upside down berukuran 50mm di bagian depan dan belakang menggunakan monoshock yang disokong oleh brand Marzocchi. Suspensi depan pun sudah memiliki fitur dimana bisa disetel rebound, kompresi, dan preload-nya. Sementara shock breaker belakang hanya bisa disetel preload dan rebound-nya.