0
53

Efek Yang Ditimbulkan Ketika Motor Gunakan Oli Palsu

Kriminalitas tidak hanya terjadi pada pencurian sepeda motor saja, tapi pemalsuan barang atau sparepart pun marak terjadi. Salah satu barang yang terdapat tiruannya adalah oli mesin. Ya, saat ini ada banyak oli mesin palsu yang beredar dipasaran, bahkan brand ternama pun terdapat oli tiruannya.

Untuk itu ketika kita ingin membeli oli mesin harus berhati-hati agar kita tidak diberikan oli palsu oleh penjual. Oli palsu sangat tidak disarankan untuk dipakai pada semua mesin kendaraan bermotor. Hal tersebut disebabkan oleh spesifikasi dari oli palsu sangat buruk.

Karena memiliki spesifikasi yang buruk, tentu akan memiliki dampak ketika oli tersebut masuk kedalam mesin kendaraan yang kita miliki. Oli yang seharusnya memiliki tugas untuk melindungi komponen pada mesin agar tetap terjaga, justru bisa rusak ketika oli palsu yang masuk.

Dampak yang akan timbul ketika kita menggunakan oli palsu pada mesin kendaraan kita adalah mesin akan cepat panas dan oli tidak bisa tersirkulasi. Mesin yang panas tersebut lantaran oli tidak bisa melumasi komponen mesin dengan sempurna. Pasalnya oli pasti berubah menjadi kental bahkan berubah menjadi lumpur. 

Dampak terparahnya ketika mesin dimasukkan oli palsu adalah mesin menjadi rusak. Awalnya mesin akan terasa berat dan akan muncul suara aneh pada bagian mesin. Ketika hal tersebut sudah terjadi otomatis oli mesin sudah tidak melumasi komponen sehingga menyebabkan keausan. Keausan tersebut bisa menyebabkan mesin jammed atau terkunci. 

Lantas bagaimana cara membedakan oli asli dengan oli palsu? Umumnya oli palsu memiliki kemasan yang tidak sesempurna oli asli. Hal tersebut bisa kita lihat pada bagian tutup kemasan oli. 

Umumnya setiap oli asli memiliki tutup kemasan sekali pakai. Jika kalian menemukan kejanggalan pada bagian tutup seperti tutup tidak rapat atau tutup penyok, ada kemungkinan oli tersebut palsu. 

Hal berikutnya yang membedakan oli asli dengan oli palsu ada bagian label kemasan. Umumnya oli palsu memiliki label kemasan yang lebih kusam dibandingkan dengan oli asli.

Selain itu nomor produksi pada botol oli bisa menjadi tanda palsu atau asli oli tersebut. Jika kalian tidak menemukan nomor produksi atau nomor produksi tidak sesuai, ada kemungkinan oli tersebut palsu.

Nah dengan begitu, kita harus lebih hati-hati dalam memilih oli mesin untuk mobil atau motor kita.