Foto: Dok. Daytona Indonesia
0
32

Kanvas Ganda Racing Dan Original, Memiliki Cara Berbeda Untuk Membersihkannya

Motor dengan jenis skuter matik memang sangat diminati oleh hampir berbagai macam kalangan. Pengoperasian yang praktis membuat motor ini begitu laris dipasaran.

Sebuah skuter matik memiliki sistem kopling yang berbeda dengan motor bertransmisi manual. Jika motor bertransmisi manual menggunakan kopling yang terendam oli, skuter matik menggunakan kopling kering.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula orang yang melakukan modifikasi pada sebuah skuter matik. Baik memodifikasi tampilan hingga meningkatkan performa mesin.

Dalam mendongkrak performa mesin tentu ada beragam part yang diganti untuk menyesuaikan modifikasi. Salah satu yang ikut diganti adalah kanvas kopling.

Kanvas kopling standar dengan kanvas kopling racing tentu memiliki perbedaan. Perbedaan antara keduanya terletak pada bagian kanvasnya dan materialnya.

Tentunya dari material yang berbeda tersebut memiliki cara perawatan yang berbeda pula. Ya sama seperti mesin, sistem kopling pada sebuah skutik pun membutuhkan perawatan. Perawatan dalam hal ini berupa membersihkan kotoran yang umumnya menumpuk di dalam cvt. Kotoran yang menumpuk tersebut bisa membuat traksi jadi terganggu.

Ketika membersihkan kanvas ganda standar kita hanya cukup menggunakan amplas yang kasar saja. Kita tidak perlu membersihkan dengan menggunakan sikat kawat. Pasalnya material kanvas kopling standar tidak sekeras material kopling racing.

Sedangkan untuk membersihkan kanvas ganda racing, kita bisa membersihkannya menggunakan sikat kawat. Karena material kanvas lebih keras maka dengan menggunakan sikat kawat akan jauh lebih mudah dan lebih cepat.

Ketika kita membersihkan kanvas kopling ganda standar dengan menggunakan sikat kawat, maka kanvas kopling standar akan terkikis lebih banyak. Sehingga ketika dipasang lagi, kanvas akan lebih mudah tipis.