Foto: Dok. Kliknss
0
206

Penyebab Bunyi Kasar di Bagian Roda Belakang Skutik

Bagi kalian pemilik motor skuter matik mungkin pernah merasakan adanya suara kasar pada bagian roda belakang. Ya permasalahan tersebut kerap muncul ketika motor skuter matik milik kita sudah dipakai selama beberapa saat.

Munculnya suara kasar tersebut baik sedang didorong atau sedang berjalan menandakan adanya kerusakan yang melanda bagian CVT. Umumnya suara tersebut muncul dari bearing atau laher bambu pulley yang sudah mulai rusak.

Ketika suara tersebut sudah mulai muncul ada baiknya kita melakukan pemeriksaan terhadap bagian CVT. Pasalnya jika beberapa bagian CVT mulai rusak akan muncul suara aneh dari bagian tersebut.

Lantas apa saja yang membuat munculnya bunyi dari bagian CVT selain bearing dan laher bambu? Bagian belt pada CVT pun akan menimbulkan bunyi ketika sudah mulai aus. Namun bunyi yang muncul tidak akan sekeras bearing dan laher bambu.

Ketika belt sudah mulai aus selain menimbulkan bunyi akan ada gejala lain yang muncul. Gejala yang muncul tersebut berupa tarikan motor yang terasa selip ketika sedang akselerasi.

Tidak hanya itu saja, bunyi dari CVT seperti bunyi decit pun sering muncul pada skutik kita. Bunyi decit tersebut muncul dari bagian belt dan juga bagian mangkok kopling yang sudah mulai rusak atau bahkan kotor. Bagian dalam mangkok kopling dimana kanvas kopling berada pun bisa menimbulkan bunyi decit ketika sudah mulai rusak.

Hal terparah bunyi pada CVT disebabkan oleh bagian bearing dan laher bambu. Kedua bagian tersebut ketika sudah rusak membuat putaran jadi tidak halus. Ketika berputar, tentu akan menimbulkan bunyi kasar seperti besi beradu.

Jika kalian sudah menemukan bunyi tersebut ada baiknya kalian mengganti bagian yang sudah rusak tersebut dengan part baru. Namun ketika sudah diganti dan masih menimbulkan bunyi, sebaiknya kalian bongkar bagian gearbox as roda.

Di dalam gearbox as roda terdapat bearing yang berfungsi untuk memutar gear. Jika bearing tersebut rusak, maka suara gearbox akan kasar. Tapi gearbox yang mulai bermasalah pun bisa menimbulkan bunyi kasar pada sebuah motor matik.