SPBU Mengisi Bahan Bakar ke Tangki Motor Matic (Source: MyPertamina)
0
34

Tips Cara Hemat Konsumsi Bensin pada Motor Matic

Motor matic seringkali dianggap boros bahan bakar jika dibandingkan dengan motor transmisi manual, memang betul motor matic membutuhkan lebih banyak bensin, hal ini karena banyaknya gear yang terpasang. 

Sementara, pada motor transmisi manual kecepatan atau gear bisa diatur dengan perseneling, tentunya hal ini bisa membantu menghemat bahan bakar. Berbeda dengan motor matic yang tidak bisa mengatur gearnya, walaupun kebanyakan motor matic sudah menerapkan efisiensi penggunaan bensin di dalam mesinnya.

Untuk itu, Gilmoters perlu mengetahui tips cara hemat konsumsi bensin pada motor matic berikut ini.

Artikel terkait tips hemat bensin motor:

 

13 Tips Cara Hemat Konsumsi Bensin pada Motor Matic

Pemilik motor matic bisa melakukan beberapa cara agar penggunaan bahan bakar bisa sedikit lebih hemat, ini dia tipsnya. 

  • Jangan Asal Mengubah Diameter Pelek

Ukuran diameter pelek bisa mempengaruhi banyaknya penggunaan bensin. Dengan mengubah ukurannya, hal ini termasuk salah satu cara untuk menghemat bensin motor matic. 

Sebagian besar motor matic menggunakan pelek roda yang berdiameter 14 inci. Lalu tidak sedikit juga yang memodifikasinya ke ukuran 17 inci.

Motor matic dengan ukuran pelek 14 inci bisa melaju sampai jarak 37.5 km/liter. Sedangkan motor matic dengan diameter pelek ukuran 17 inci hanya bisa menempuh jarak 35.9 km/liter. Dari segi tempuh motornya memang menjadi lebih sedikit, namun bisa lebih mengurangi penggunaan bahan bakar.

 

  • Perhatikan Perapian

Monitoring komponen pengapian secara berkala, juga bisa menjadi cara menghemat bahan bakar motor matic. Apalagi jika motor yang dipakai masih menggunakan karburator. Jadi, Gilmoters wajib memperhatikan komponen pengapian agar tetap dalam kondisi bagus. 

Pengapian yang kurang baik atau bermasalah akan mempengaruhi aktivitas pembakaran bensin. Jika kondisi pengapian dalam kondisi baik, maka penggunaan bensin akan semakin efisien.

 

  • Tekanan Udara Ban

Cara ketiga yaitu Gilmoters harus memperhatikan tekanan udara ban secara berkala. Cara ini bisa mempengaruhi kinerja mesin yang berimbas langsung pada pemakaian bahan bakar. 

Tekanan udara ban yang tidak terlalu keras akan membebani kinerja mesin untuk memutarnya. Lakukan pengecekan tekanan ban motor minimal satu minggu sekali untuk menghindari penggunaan bensin yang berlebihan. Tekanan ban motor belakang idealnya harus 33 psi dan ban motor depan 29 psi.

 

Baca juga artikel terkait Matic Murah:

 

  • Kelistrikan

Gilmoters wajib memperhatikan kelistrikan pada motor matic. Apalagi untuk motor matic yang memakai sistem injeksi. Cara menghemat penggunaan bahan bakar motor matic ini cukup berpengaruh dengan kelistrikan mesin yang digunakan. 

Ketika sistem kelistrikan motor mengalami kendala, dampak konsumsi bensin akan menjadi lebih boros. Proses pengecekan ini bisa dilakukan mulai dari kondisi aki terlebih dahulu. Selanjutnya cek juga kondisi soket dan kondisi kabel.

 

  • Servis Motor secara Rutin

Dengan melakukan servis motor secara berkala, kondisi komponen motor yang mengalami kerusakan bisa diperbaiki lebih dini, sehingga performa motor bisa tetap prima dan terhindar dari kerusakan yang cukup parah. 

Contohnya gangguan seperti flek ruang mesin pada motor dan terdapat komponen yang tidak stabil. Hal ini bisa menimbulkan beban yang cukup berat dan berimbas pada penggunaan bahan bakar. Motor akan membutuhkan lebih banyak bensin jika kondisi mesin tidak dalam keadaan baik.

 

  • Perhatikan Kecepatan Berkendara

Mengatur kecepatan kendaraan dapat memengaruhi jumlah bahan bakar yang dibutuhkan. Semakin tinggi kecepatan berkendara maka semakin banyak pula bahan bakar yang dipakai. Agar Gilmoters bisa lebih menghemat bensin, aturlah kecepatan agar lebih stabil dan perhatikan juga tuas gas agar tidak selalu berhenti.

Gilmoters juga tidak perlu memanaskan motor matic terlalu lama, cukup panaskan selama kurang lebih 4 menit sebelum memakainya. Karena, semakin mesin kendaraan dalam kondisi panas, maka bahan bakar yang dibutuhkan juga akan semakin banyak.

Baca juga: Tips Modifikasi Motor Matic Low Budget

  • Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Gilmoters harus memperhatikan jenis bahan bakar untuk menghemat pemakaian bensin motor matic. Cobalah untuk menggunakan BBM oktan tinggi. BBM oktan tinggi memang cenderung lebih mahal, tapi pembakarannya lebih maksimal. 

Jika menggunakan BBM beroktan rendah, untuk mencapai pembakaran yang sempurna memerlukan lebih banyak bahan bakar. Misalnya jenis bahan bakar pertamax, pembakarannya akan lebih maksimal. Bahkan jenis BBM ini dapat membersihkan karbon sisa pembakarannya. Selain itu BBM oktan rendah tidak memiliki bahan aditif yang bisa membuat kerak pada mesin yang lama kelamaan akan berbahaya untuk keawetan mesin.

 

  • Oli

Tingkat keenceran oli juga cukup berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Oli yang sesuai dengan standar bisa meminimalisir gesekan antara komponen mesin pada motor matic. Gesekan mesin yang tidak terlalu sering pastinya berpengaruh pada kinerja pembakaran. 

Untuk motor matic, sebaiknya gunakan oli yang memiliki tingkat kekentalan menengah, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Oli yang terlalu encer bisa membuat mesin lebih mudah mengalami penguapan. Sedangkan, oli yang terlalu kental akan berpengaruh berat pada beban mesin. Gunakan oli sesuai saran pabrikan adalah hal yang bisa dilakukan untuk keamanan mesin.

 

  • Bersihkan Filter

Filter yang jarang dibersihkan, kotor, dan tidak pernah diganti bisa berdampak buruk pada ruang bakar mesin. Jika ruang bakar kotor, maka udara akan tersumbat saat akan memasuki sistem saluran intake. Pada kondisi ini bahan bakar justru akan terbuang dengan sia-sia. 

Cobalah untuk membersihkannya secara berkala untuk meminimalisir penyumbatan udara. Untuk penggunaan motor matic, sangat disarankan untuk melakukan penggantian filter udara di setiap 15.000 km.

Hal ini perlu dilakukan agar suplai udara pembakaran bisa lebih maksimal. Sehingga motor tidak membutuhkan tenaga yang ekstra untuk setiap proses pembakarannya.

Baca juga: Rem Motor Matic Overheat, Begini Cara Mengatasinya

  • Jangan Membawa Beban Terlalu Berat

Gilmoters diharapkan untuk selalu memperhatikan kapasitas motor, jangan membawa barang melebihi kapasitas atau daya angkut. Jika tidak sesuai dengan perhitungan, beban yang dibawa oleh motor bisa overload, dan berdampak pada kinerja  mesin yang menjadi lebih berat dan pemakaian bahan bakar yang semakin banyak.

Tak hanya membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros, saat melakukan manuver di jalan mayoritas pengendara juga berisiko kehilangan keseimbangan karena beban yang dibawa, sehingga bisa membahayakan nyawa.

 

  • Tarik Gas Perlahan

Kebiasaan Gilmoters dalam berkendara juga berpengaruh pada tingkat penggunaan bahan bakar motor matic. Saat berkendara, cobalah untuk tetap menjaga kecepatan secara konstan.

Jika Gilmoters ingin berkendara dengan kecepatan lebih tinggi, tariklah gas secara perlahan, hindari mengubah kecepatan secara tiba-tiba atau langsung menarik gas.

 

  • Manfaatkan Fitur Eco

Motor matic dengan model terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Eco yang bertujuan untuk menekan angka penggunaan bahan bakar. Fitur ini bisa memudahkan Gilmoters untuk melakukan penghematan bahan bakar.

Baca juga: Performa Matic Sudah Mulai Loyo? Ini Penyebabnya

  • Pilihlah Kondisi Jalan yang Baik

Jalan berkerikil dan berliku seperti di pegunungan, dapat menambah jumlah penggunaan bahan bakar. Motor yang sering berhenti atau mengerem, dapat membuat kendaraan menjadi tersendat.

Selain itu, kondisi jalan yang kurang baik juga membuat motor tidak dapat mempertahankan kecepatan yang stabil. Jadi, pastikan Gilmoters memilih jalan dengan kondisi baik, agar bisa lebih menghemat gas dan bahan bakar motor.

Baca juga: Mitos dalam Merawat Sepeda Motor Matic Murah di Masyarakat

 

Demikianlah informasi terkait tips cara hemat konsumsi bensin pada motor matic. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, selain memperhatikan pemakaian bahan bakar, pengendara juga wajib memakai perlengkapan berkendara yang sesuai dengan standar untuk menunjang keselamatan. 

Lalu, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Gilmoters juga bisa mendapatkan informasi terkait otomotif lainnya melalui blog Gila Motor.