Tangki Motor Diisi Bensin Di SPBU (source: Viva.co.id)
0
723

Tips Jitu Menghemat BBM Saat Berkendara Motor Manual

Dengan kondisi ekonomi global yang kian tidak menentu sejak dihantam pandemi, ditambah dengan efek serius dari invasi Rusia ke Ukraina, harga minyak dunia mengalami lonjakan yang cukup drastis.

Demi menstabilkan perekonomian negara, anggaran subsidi BBM mengalami pemangkasan yang imbasnya harga BBM naik. Untuk itulah, sebagai salah satu negara konsumen kendaraan sepeda motor terbesar di dunia, perlu menerapkan langkah cerdik untuk mengakali naiknya harga bahan bakar.

Maka kali ini secara khusus, Gilmoters akan menyaksikan beberapa tips jitu menghemat BBM saat berkendara motor manual. Simak hingga akhir demi selamatnya anggaran bulanan Gilmoters.

Artikel terkait tips hemat bensin motor:

 

Motor Matic dan Motor Manual dan Tips Jitu Menghemat BBM Saat Berkendara Motor Manual

Ada baiknya sebelum kita membahas tentang cara mengakali bahan bakar sepeda motor manual supaya tidak boros, maka perlu untuk diketahui bahwa ada dua jenis motor yang diedarkan. Motor matic dan motor manual. 

Motor matic merupakan terobosan terbaru di dunia otomotif. Secara mendadak, motor jenis ini hampir memenuhi jalanan di Indonesia.

Motor ini sendiri tidak memiliki teknis yang rumit. Cukup menggunakan rem dan gas untuk bisa mengendarainya. Kendati demikian, motor matic terkenal boros bahan bakar.

Hal ini berbeda dengan motor manual. Dengan banyaknya gear yang terpasang serta perseneling untuk mengontrol lajunya kendaraan, maka ini cukup menguntungkan dalam pemanfaatan bahan bakar atau BBM.

 

Tips Jitu Menghemat BBM Saat Berkendara Motor Manual

Setelah kita mengetahui secara sekilas perbedaan antara motor manual dan motor matic, maka langsung saja berikut adalah tips dan trik yang bisa Gilmoters contek untuk menghemat pengeluaran uang bensin bulanan.

  • Perhatikan Busi Motor

Busi adalah salah satu komponen penting untuk menyalakan motor. Pastikan busi motor Gilmoters selalu dalam keadaan prima dan bebas kotoran atau kerak supaya proses pembakaran berjalan dengan baik.

Dengan kondisi busi yang baik, maka Gilmoters tidak perlu mengalami kesusahan menghidupkan motor. Dengannya, tidak akan terjadi pembuangan bahan bakar secara sia-sia jika terjadi gagal starter.

 

  • Pilih Pelumas Berkualitas

Jangan tergiur dengan harga pelumas murah karena bisa saja kandungan logamnya berlebihan yang akibatnya bisa membahayakan mesin motor.

Pilihlah pelumas berkualitas untuk memudahkan pengoperasian motor manual Gilmoters. Karena jika pelumas tidak bekerja dengan baik, maka kinerja mesin akan menjadi berat yang biasanya akan memakan lebih banyak bahan bakar. Pelumas motor yang berkualitas yaitu Evalube.

Selain itu, pilih juga bensin dengan oktan tinggi untuk menyeimbangkan kalibrasi tekanan dalam ruangan pembakaran. Dengannya tarikan gas akan lebih efektif dan menjaga agar BBM motor tidak cepat habis.

Baca juga artikel terkait Bensin Motor:

 

  • Periksa Tekanan Ban atau Rolling Resistance¬†

Pernahkan Gilmoters mengalami ban kempes atau ban bocor? Ban yang tidak dalam kondisi baik, tidak hanya dapat membahayakan pengendara, tapi juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Saat tarikan motor menjadi berat karena ban tidak terisi angin dengan semestinya, maka akan memakan lebih banyak bahan bakar atau boros BBM karena mesin harus bekerja lebih keras dari seharusnya.

Dikatakan bahwa tekanan angin pada ban akan berkurang hingga 2 psi setiap bulannya, baik dalam keadaan sering dipakai atau tidak karena sifat natural karet yang berpori.

Maka saat Gilmoters memutuskan untuk berkendara dengan motor setiap hari untuk ke kantor, selalu periksa kondisi ban supaya tidak apes di jalan.

 

  • Bijak dalam Beban Kendaraan

Terdapat standar beban yang bisa ditampung oleh motor manual. Usahakan jangan sampai melebihi kapasitas karena dapat mempengaruhi kinerja mesin motor yang selanjutnya membuat boros BBM.

Idealnya, sepeda motor hanya bisa diisi oleh dua penumpang. Tak lupa, fungsikan sepeda motor sebagaimana mestinya. Moda transportasi ini diciptakan untuk mengangkut orang, bukan untuk mengangkut barang.

 

  • Rajin Service Kendaraan

Kadang kala, banyak pemotor suka menunda mengunjungi bengkel untuk melakukan pengecekan berkala dengan alasan sibuk atau sejenisnya. Sayangnya langkah ini dirasa tidak tepat jika Gilmoters ingin bisa menghemat BBM.

Patuhi jadwal service supaya mesin motor selalu dalam keadaan baik di samping untuk memastikan standar keamanan kendaraan tetap terjaga.

Untuk periode kunjungan biasanya setiap 3 bulan sekali atau setiap 3000- 5000 km. Hal ini diklaim sebagai salah satu langkah bijaksana untuk irit bahan bakar karena montir biasanya akan melakukan pengecekan komponen kendaraan, termasuk saluran bahan bakar kendaraan bermotor Gilmoters.

Baca juga: Rantai Kendor Bisa Bikin Bensin Tekor

 

  • Bijaksana Saat Menggunakan Gigi

Salah satu yang menjadi pembeda antara motor matic dan motor manual adalah adanya gigi pada motor manual untuk mengatur laju kendaraan.

Bijaksanalah saat mengatur gigi supaya tidak boros bahan bakar. Menyetel gigi terlalu rendah dalam waktu lama dapat mempengaruhi penggunaan BBM. Pun saat menyetel gigi terlalu tinggi saat berkendara di wilayah berbukit atau terjal.

 

  • Parkir Motor di Tempat Sejuk

Untuk tips ini, kita asumsikan saja dengan air jika terkena panas. Air yang terekspos panas, entah panas matahari atau panas api biasanya akan cepat mengalami penguapan.

Dikarenakan BBM juga merupakan cairan, maka disarankan untuk memarkirkan motor di tempat yang dilengkapi dengan naungan atau di tempat sejuk untuk menghindari penguapan.

 

  • Nyalakan Mesin Hanya Saat Diperlukan

Macet atau kepadatan kendaraan di jalan raya adalah makanan sehari-hari bagi para pengendara, terutama bagi mereka yang hidup di kota-kota besar.

Maka sebagai langkah pencegahan untuk tidak menghamburkan bahan bakar secara sia-sia, maka Gilmoters bisa mematikan sejenak saat terjebak macet atau berhenti di lampu merah.

Dengan mematikan motor saat Gilmoters harus berhenti lama, maka Gilmoters telah melakukan kontribusi untuk mengurangi polusi udara disertai dengan menyelamatkan isi dompet dari membeli BBM.

Baca juga: Kehabisan Bensin Bikin Motor Cepat Rusak?

 

  • Panaskan Motor

Setelah semalaman mesin motor tidak digunakan ditambah dengan terpaan hawa dingin malam, maka demi keselamatan dan kenyamanan berkendara di pagi hari adalah melakukan pemanasan mesin kendaraan terlebih dahulu.

Tapi dengan catatan, jika Gilmoters tidak ingin membuang bensin secara sia-sia, maka cukup panaskan motor selama 3 hingga 5 menit saja.

Waktu tersebut dirasa telah cukup untuk memanaskan mesin dan menstimulasi aliran oli ke seluruh komponen mesin motor supaya nyaman saat berkendara.

 

  • Perbaiki Cara Berkendara

Menjaga keselamatan berkendara adalah tugas dari semua pengendara. Maka diharapkan semua pengendara bisa menaati aturan lalu lintas yang telah dibuat.

Jangan berkendara secara zig-zag, tidak beraturan atau ngebut. Hal tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menjaga Gilmoters bisa pulang dengan selamat, tapi juga bermanfaat untuk menghemat penyerapan bahan bakar motor atau BBM.

Tarik tuas secara stabil dan mantab, serta jangan sembarangan menarik gas karena keduanya bisa sangat mempengaruhi konsumsi BBM.

 

  • Kecepatan Laju Motor

Telah disinggung dalam poin sebelumnya, yakni jangan asal menarik tuas untuk menambah akselerasi kendaraan dalam waktu singkat.

Jika Gilmoters ingin menghemat isi tangki bensin, maka tambah kecepatan berkendara secara bertahap. Jangan langsung memaksa mesin untuk bekerja keras dalam satu tarikan karena aktivitas tersebut menyedot BBM dalam jumlah besar.

Baca juga: Sejarah Motor: Cikal Bakal Motor Bensin dari Mercedes-Benz

 

Dari apa yang telah disebutkan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa untuk bisa menghemat konsumsi BBM motor manual cukup mudah untuk dilakukan.

Dengan mengikuti standar keselamatan berkendara dan taat pada aturan lalu lintas, maka Gilmoters akan menjadi lebih mudah untuk melakukan upaya pengiritan bahan bakar. Ikuti juga tips jitu menghemat BBM saat berkendara motor manual dari Gilamotor di atas, jika ingin irit bahan bakarnya.