Foto: Dok. Laval Moto
0
44

Yamaha Akan Mulai Kembangkan Airbag untuk Motor

Perkembangan teknologi tidak hanya terdapat di mobil saja tapi di motor juga. Salah satu teknologi yang tengah dikembangkan adalah sisi keselamatan. Ya beberapa pabrikan motor sudah mulai mengembangkan airbag pada sepeda motor.

Salah satu pabrikan motor yang sudah mengembangkan airbag adalah Piaggio yang bekerja sama dengan Autoliv sebuah produsen airbag. Melihat hal tersebut pabrikan motor asal Jepang yaitu Yamaha berencana untuk mengembangkan airbag. Nantinya airbag tersebut akan diaplikasikan pada produk motor milik Yamaha.

“Ya, kami sedang mempertimbangkan airbag untuk sepeda motor. Sudah beberapa perusahaan telah menyatakan membuatnya dan beberapa lainnya bersama-sama melakukan perkembangan airbag ini. Saya yakin beberapa sudah ada di pasar, dan kami juga mengembangkannya. Tapi kami tidak dapat membuat peta jalan peluncurannya sekarang, ” ujar Heiji Maruyama, Chief General Manager Yamaha Technical Research and Development Center, Yamaha Motor, Co., Ltd.

Tentunya airbag yang digunakan oleh mobil akan sangat jauh berbeda dengan airbag yang akan diaplikasikan di motor. Maruyama mengatakan salah satu hal yang membuat berbeda adalah dimensi, tidak ada seat belt di sepeda motor. Hal tersebutlah yang akan lebih sulit menentukan perangkat keselamatan penunggang motor.

Meski terlihat sulit untuk menerapkan airbag di sepeda motor, tapi Maruyama akan melibatkan beberapa faktor dan Yamaha akan mengusahakan yang terbaik. Yamaha pun ikut mendukung kampanye yang sudah digaungkan oleh Honda mengenai nol kematian karena kecelakaan pada 2050.

“Tujuan kami adalah mengintegrasikan teknologi ke dalam mesin kecil dan secara teknis, kami telah mencapai tahap yang sangat matang. Meskipun masih belum jelas kapan atau bagaimana Yamaha dapat membagikan perkembangan tersebut kepada publik, kami berharap dapat melihat kemajuan yang telah dibuat oleh Tim Biru dalam waktu yang tidak lama lagi,” ungkapnya.

Karena itu, Yamaha akan mengembangkan fitur keselamatan ini dengan detail dan seksama. Yamaha pun hingga saat ini masih belum bisa meluncurkan roadmap peluncuran teknologi keselamatan airbag ini sekarang.