Foto: Dok. Evalube
0
183

Sering Gonta-ganti Oli Mesin, Apa Dampak Terhadap Mesin Motor?

Salah satu komponen yang paling vital pada sepeda motor adalah oli mesin. Komponen yang satu ini sangat penting dalam menjaga mesin tetap bekerja secara optimal. Tanpa oli mesin, maka dijamin mesin motor akan mengalami kendala.

Sebab, oli mesin memiliki fungsi untuk melumasi setiap komponen di dalam mesin yang bergesekan. Dengan pelumasan yang benar, bisa menghasilkan mesin yang bertenaga, konsumsi bahan bakar yang efisien, serta temperatur mesin juga tetap terjaga.

Selain itu, beberapa produsen oli juga sudah memiliki formula tersendiri. Sehingga, oli mesin juga dapat berfungsi untuk membersihkan bagian dalam dengan cara mengangkut kotoran dan elemen logam yang terbawa arus sirkulasi ke filter oli.

Foto: Dok. Evalube

Sayangnya, banyak pemilik sepeda motor yang kurang paham soal oli mesin. Tak sedikit yang masih menganggap remeh fungsi oli. Masih banyak orang yang sering mengganti oli mesin dari merek yang berbeda-beda.

Padahal, setiap merek oli mesin memiliki grade kualitas yang berbeda-beda dari mineral, yakni semi dan full sintetik. Sehingga, kebiasaan sering gonta-ganti oli mesin dengan merek yang berbeda pasti dapat berdampak buruk bagi kondisi mesin.

Beberapa di antaranya adalah mempengaruhi performa dan proteksi pada mesin, seperti menyebabkan kerusakan pada bagian sil, umur mesin jadi lebih singkat, dan lainnya.

Foto: Dok. Evalube

Perlu diketahui, setiap oli juga memiliki zat aditif yang berbeda-beda. Jika sering kali diganti atau dicampur dengan merek yang berbeda, maka akan ada sisa pelumas sebelumnya yang sedikit banyak bercampur dengan oli yang baru.

Jika kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan, maka aditif oli pada mesin bisa menghasilkan perbedaan unsur senyawa yang dapat mengakibatkan reaksi kimia pada mesin.

Untuk itu, penting sekali untuk tetap setia pada satu jenis atau merek oli mesin. Jika memang ingin beralih ke merek yang berbeda, pastikan benar oli lama sudah dikeluarkan semuanya.