Dok. Foto: Cardo Systems
0
341

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Helm Full Face

Kini, banyak orang yang tertarik menggunakan helm full face karena dinilai lebih aman dan melindungi. Helm full face melindungi dari kepala hingga dagu.

Namun, sebelum membeli helm full face ada beberapa yang perlu diperhatikan. Salah satunya pada ukurannya, yakni tak boleh terlalu kecil atau terlalu besar.

Nah, berikut lengkapnya beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli helm full face:

1. Ukuran harus sesuai kepala

Membeli helm full face jangan sampai kekecilan atau terlalu longgar. Jika terlalu kecil akan terasa sempit sehingga bisa membuat kepala terasa pusing, sementara terlalu longgar juga pastinya tak nyaman dan jika terjadi benturan helm tak bisa optimal melindungi kepala.

Untuk itu, perlu memilih helm full face yang benar-benar sesuai dengan ukuran kepala agar nyaman dan aman. Helm full face memiliki beberapa ukuran, lakukan fitting yang tepat sehingga tak salah membeli ukuran.

2. Pilih kaca helm yang bening

Hindari menggunakan kaca helm yang gelap karena akan menghalangi pandangan di saat gelap. Disarankan untuk memilih kaca helm yang bening sehingga ketika malam hari, pengendara tetap bisa melihat jalan dengan baik.

3. Pilih helm full face dengan desain kunci di bagian leher

Ini juga penting untuk memastikan helm full face yang akan dibeli memiliki kunci di bagian leher. Hal ini agar kunci tak mudah lepas.

4. Gunakan helm full face yang sesuai standar

Sebelum membeli helm full face pastikan helm yang akan dibeli sudah memiliki kode SNI (Standar Nasional Indonesia). Atau pilih helm full face yang sudah sesuai standar Department of Transportation (DOT), Economic Commission for Europe (ECE), atau SNELL.

Selain itu, penting juga memastikan kekencangan baut pada helm yang akan dibeli. Untuk yang memakai kacamata disarankan memilih helm yang bisa dibuka tutup kacanya.