Dok. Foto: Iron & AIr
0
187

Tips Hilangkan Ngantuk Saat Berkendara

Ngantuk adalah musuh paling serius bagi para sopir di jalanan. Ada banyak kasus kecelakaan dari ringan hingga fatal disebabkan karena ngantuk. Tak sedikit kecelakaan yang menelan korban meninggal bahkan juga membahayakan nyawa orang lain di jalan.

Namun, ada kalanya kantuk tiba-tiba saja tak bisa dihindari saat berkendara. Apalagi jika harus berkendara dalam jarak jauh seperti saat mudik misalnya.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menghilangkan kantuk saat berkendara.

1. Tidur yang cukup sebelum berkendara

Pastikan istirahat dan tidur yang cukup sebelum berkendara. Siapkan segala barang yang akan dibawa dari jauh-jauh hari sehingga ketika akan bepergian tidak merasa buru-buru dan memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Istirahat dan tidur yang cukup ini juga berpengaruh pada performa saat bepergian. Tentunya fisik yang sehat akan lebih bugar dan tak mudah mengantuk.

2. Istirahat di Rest Area terdekat

Jika sudah merasa lelah dan mengantuk, jangan menunda beristirahat. Segera berhenti jika bertemu dengan Rest Area. Apalagi saat di jalan tol, jangan menunda beristirahat karena penting untuk beristirahat.

Di Rest Area, selain beristirahat juga bisa cuci muka dan beragam aktivitas lain seperti sholat atau makan. Di sini, juga memungkinkan untuk tidur sejenak.

3. Hindari minum obat sebelum berkendara

Ada beberapa jenis obat yang memiliki efek kantuk, tentunya ini bisa berbahaya. Untuk itu, disarankan tidak mengonsumsi obat sebelum berkendara.

Namun, jika memang harus minum obat, silahkan dicek dalam kemasan obat adakah kandungan yang menyebabkan kantuk. Atur jarak minum obat dan waktu berkendara.

4. Mengobrol dengan teman di perjalanan

Menyetir sendirian mungkin akan terasa membosankan hingga membuat mengantuk. Jika memiliki teman dalam perjalanan, seperti keluarga atau pasangan, pastinya mengobrol akan membantu untuk mengatasi kantuk saat di perjalanan.

5. Minum kopi

Kopi mengandung kafein yang bisa membuat mata lebih betah melek. Saat harus melanjutkan perjalanan tapi dirasa mata masih ada kantuk, cobalah untuk minum kopi untuk mengatasi rasa kantuk. Lakukan lagi perjalanan jika dirasa kantuk sudah benar-benar hilang.

6. Istirahat dua jam sekali

Dalam perjalanan yang jauh disarankan sopir untuk istirahat selama dua jam sekali. Saat istirahat bisa sambil melakukan pergelangan agar tubuh terasa kembali bugar.

Selain beberapa cara di atas, mengatasi kantuk juga bisa dengan mendengarkan musik favorit. Sambil bersenandung di perjalanan akan membantu mata lebih terbuka lebar. Selamat mencoba!